Hari Pers Nasional

Ali Yusuf Nara Sumber FGD Anugerah Kebudayaan


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:31:05 WIB
Ali Yusuf Nara Sumber FGD Anugerah Kebudayaan WALIKOTA Sawahlunto Ali Yusuf bersama penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat usai menjadi nara sumber FGD HPN. (HUMAS)

LOMBOK, HALUAN — Tampil sebagai nara sumber dalam FGD Hari Pers Na­sional PWI Pusat, bertajuk Kepala Daerah Sebagai Ujung Tombak Kebudayaan Nasional, Walikota Sa­wah­lunto, Ali Yusuf, menge­mukakan pelestarian cagar budaya sebagai upaya pe­nyelamatan kota pasca tam­bang batu bara.

Hal itu dikemukakan Walikota Ali Yusuf selaku nara sumber dalam diskusi, yang dihadiri enam dari delapan kepala daerah pe­nerima Anugerah Kebu­dayaan PWI Pusat 2015, di Hotel Lombok Raya Ma­taram, Minggu (7/2).

Bagi Ali Yusuf, kebu­dayaan merupakan pioneer bagi daerah, untuk bisa bangkit dari keterpurukan. Tentu Ali Yusuf men­con­tohkan Kota Sawahlunto sendiri, yang mulai diting­galkan masyarakatnya, keti­ka pasca tambang tiba.

Menumbuhkan kebu­dayaan yang dimiliki, ter­nyata mampu mengem­bali­kan kepercayaan masyara­kat untuk tetap bertahap di kota yang pernah menjadi penghasil batubara kualitas terbaik, yang terhampar di atas kawasan seluas 275,9 kilometer persegi itu.

Berbekal dari kebu­daya­an yang dimiliki, Sawah­lunto justru mampu tampil menjadi kota tujuan wisata di Sumatera Barat.

Kebu­dayaan yang di­miliki, mulai dari kera­ga­man suku bang­sa, aneka kesenian, pening­galan ber­sejarah, hingga kerajinan masyarakat.

“Dulu, ketika kolonial masih bercokol, dibuang ke Sawahlunto merupakan hal yang menakutkan. Kaum buangan itu, dipasangi ran­tai, dipaksa menjadi pekerja tambang batubara,” ung­kapnya.

Sawahlunto merupakan kota peninggalan Belanda yang kaya akan budaya dan potensi pariwisata. Bak mi­ni­atur Indonesia, Sawah­lunto diwarnai beragam etnis, mulai dari Minang, Jawa, Batak, Sunda, Am­bon, hingga Aceh dan Pa­pua.

Setiap etnis yang hadir semenjak kolonial Belanda itu, sudah menjadi bagian utama dari warga kota, yang memiliki kesenian dan bu­daya masing-masing. Hebat­nya, meski beragam, kea­manan dan kenyamanan justru tetap terpelihara.    

Selain Ali Yusuf, dalam FGD yang dimoderatori Yusuf Susilo Hartono salah seorang jurnalis budaya, juga hadir Pj. Bupati Belu, Wilhelmus Foni, Bupati Tegal, Enthus Susmono, Bupati Purwakarta, Dedy Mulyadi, Bupati Wakatobi, Hugua, dan Abdullah Az­war Anas, Bupati Ba­nyu­wangi.

Tidak hanya penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat, diskusi yang berjalan lebih dari dua jam itu, juga dihadiri Wariki Sutikno dari Bappenas, Dr. Prudentia Ketua Asosiasi Tradisi Lo­kal, Reri Jaya dari Dewan Pers, dan tokoh kebudayaan lainnya.(h/dil)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 15:34:20 WIB

    Siswa SD 24 Salido Ketek Terapkan 3M

    Siswa SD 24 Salido Ketek Terapkan 3M HARIANHALUAN.COM - Sebanyak tujuh sekolah di Kecamatan IV Jurai Pessel tengah dilakukan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Gugus II di Kecamatan setempat..
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 11:31:11 WIB

    Wali Nagari Tarung Tarung Ajak Warga Patuh dengan Perda AKB

    Wali Nagari Tarung Tarung Ajak Warga Patuh dengan Perda AKB HARIANHALUAN.COM - Walinagari Tarung Tarung, Asparuddin mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Ditambah pula dengan diterbitkannya Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) oleh Pemer.
  • Rabu, 07 Oktober 2020 - 16:38:43 WIB

    Alhamdulillah! Balita Kelainan Hati di Sawahlunto Dikunjungi Anggota DPR RI

    Alhamdulillah! Balita Kelainan Hati di Sawahlunto Dikunjungi Anggota DPR RI HARIANHALUAN.COM – Bak mendapatkan seteguk air di tengah padang zahara, keluarga Athira Dwi Rayadinata, balita kelainan hati asal Desa Kolok nan Tuo, Kota Sawahlunto boleh sedikit bernafas lega. Betapa tidak, keluarga yang .
  • Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:40:22 WIB

    Jelang 10 Oktober 2020, Pemkab Padang Pariaman Gencar Sosialisasikan Perda AKB

    Jelang 10 Oktober 2020, Pemkab Padang Pariaman Gencar Sosialisasikan Perda AKB HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumatra Barat, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melakukan koordinasi dan sosialisasi bersama dengan Tim Sosialisasi V Peraturan Daerah Adaptasi Kebia.
  • Rabu, 07 Oktober 2020 - 12:36:55 WIB

    Inna Ombilin Heritage, Hotel yang Kembali Muda

    Inna Ombilin Heritage, Hotel yang Kembali Muda HARIANHALUAN.COM – Seolah menolak tua, hotel yang berdiri sejak tahun 1918, kala pendudukan Kolonial Belanda ini kini kembali berbenah. Dengan kapasitas 17 kamar, hotel yang kini berada di bawah brand Inna Ombilin Heritage .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]