MAN Kobar Solok Gelar LLK


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:32:09 WIB

KOTO BARU, HALUAN—Sebanyak 42 tim yang terdiri dari   21 tim putra dan 21 tim putri  mengikuti lomba lintas kampung (LLK) yang digelar oleh Siswa pencinta Alam (Sispala)  Oryzaesativa MAN Koto Baru Solok, Sabtu (6/2) kemaren. Kegiatan yang diikuti oleh tim yang merupakan utusan seluruh kelas di sekolah itu, digelar untuk  memperingati ulang tahun ke 10  berdirinya Sispala di madrasah adiwiyata itu.

Pembina Sispala yang juga Waka Hu­mas MAN Koto Baru, Ibenzani menga­takan selain dalam rangka menyambut ulang tahun Sispala Oryzaesativa yang ke sepuluh lomba ini juga sebagai upaya memperkenalkan MANKoto Baru sebagai madrasah Adiwiyata. “ Kita ingin menu­larkan semangat cinta kebersihan dan cinta lingkungan kepada masyarakat. Total hadiah dari lomba ini berupa uang tunai sebesar 1,6 juta rupiah serta trophy,” kata Ibenzani yang juga penggiat alam bebas ini.

Selain melintasi jalur yang ditetapkan panitia, disepanjang perjalanan para siswa ini juga diharuskan mengumpulkan sampah plastik sepanjang  jalan serta memberikan pengertian pada masyarakat tentang mak­sud Adiwiyata dan manfaat menjaga ling­kungan terumata dari sampah plastik dan sampah lainnya. “ Sampah Plastik yang dikumpulkan ini dimasukkan ke dalam plastik yang telah diberikan menjelang star oleh panitia,” jelas Ibenzani.

Keberangkatan peserta dilepas oleh Kepala MAN Koto Baru Solok H. Syamsul Bahri, dengan menempuh  rute dimulai dari kampus  MAN Koto Baru Solok – Muara Panas – simpang sawah cagkiang – simpang batu paklapiak – Guak Jaring dan Finish kembali  di MAN Koto Baru Solok. “ Yang jadi juara tim yang tercepat sampai di MAN Koto Baru. Kita juga menye­diakan hadiah favorit bagi tim yang dinilai aktif melaksanakan kampanye kepada masyarakat,” bebernya.

Terkait itu, Kepala MAN Koto Baru Solok H. Syamsul Bahri menyatakan apre­siasinya kepada Sispala Oryzaesativa  yang telah ikut menyukseskan Adiwi­yata MAN Koto Baru. Pihaknya berharap semoga semua niat dan upaya yang dilakukan ini mampu mewujudkan MAN Koto Baru Solok sebagai Madrsah Adiwiyata Nasional 2016 yang yang rencananya akan dinilai dalam waktu dekat ini. “ Kita mendorong semua organisasi dan kegiatan yang ada di MAN Koto Baru untuk menggalakan dan mengamalkan 10 prinsip dasar MAN Koto Baru Solok, yang tidak terkepas dari lima nilai budaya kerja Kementerian Agama,” pungkasnya. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]