Pengurus DPP IWS Dikukuhkan


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:32:33 WIB

AROSUKA, HALUAN—Pe­ngurus Ikatan Warga Saning Bakar (IWS) diharapkan me­lahirkan program-program strategis yang dapat menunjang dan bermanfaat bagi ma­sya­rakat, tak hanya di perantauan namun juga di kampung ha­laman. Adanya sinergi antara perantau dan masyarakat diha­rapkan juga akan membantu percepatan pembangunan di nagari.

“Karya nyata IWS dalam membina usahawan di pe­ran­tauan sangat luar biasa, se­hingga dapat kita lihat tidak ada dunsanak kita di rantau yg pengangguran. Usaha dagang semakin baik, sayangnya ini tidak diikuti dengan pem­bina­an usahawan di kampung sen­diri, yang sudah mulai ter­tinggal dibandingkan nagari lain,” kata Anggota DPD RI Nofi Candra melalui pesan singkatnya kepada Haluan selepas pengukuhan pengurus DPP IWS periode 2015-2019 di Gedung Serbaguna Milik IWS di daerah Cibitung Jakarta, Minggu (7/2).

Selain dihadiri oleh para perantau, acara pengukuhan pengurus IWS itu juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Solok Hardinalis Kobal SE,MM, Wakil Ketua DPRD Sep­tris­men Sutan Putiah dan Wali Nagari bersama Ninik Mamak Nagari Saning Baka kec. X Koto Singkarak. Nofi Candra yang didaulat menjadi Dewan penasehat IWS  berharap pe­ngu­rus IWS yang baru dibawah pimpinan ketua H. Mulyadi B dan Sekretaris Daniel Nazar Piliang dapat menginfentarisir keanggotaan yang ada di seluruh nusantara, untuk di masukkan ke dalam data base keanggotaan.

Dengan data base yang lengkap akan memudahkan mengikarifikasi potensi dan masalah, dengan demikian akan menjadi lebih gampang untuk membangun dan men­carikan solusi. “ Kita ingin menjadi program prioritas pengurus baru, disamping prog­ram lainnya,” terang se­nator Muda yang juga berkip­rah sebagai pedagang ini.

Nofi menyebutkan, saat ini banyak tokoh hebat yang lahir dari IWS seperti di bidang Perbankan, Birokrasi/pe­me­rintahan, akademisi, Hukum dan  militer. Potensi ini dih­a­rapkan dapat dirangkul oleh pengurus untuk memberikan aksi nyata dalam membangun kampung halaman.

Terkait itu, Ketua DPRD Hardinalis Kobal menyambut baik dan mengapresiasi atas pengukuhan IWS ini. Kobal memandang,  keberadaan se­buah organisasi kemasya­ra­katan perantau adalah potensi Kabupaten Solok dan menjadi sumberdaya Kabupaten Solok yang mesti dirangkul untuk memajukan daerah.

“ Kami selaku wakil masya­rakat dan selaku Unsur Penye­lenggara Pemerintahan, akan sepenuhnya mendukung IWS, dan semua organisasi perantau lainnya, seperti SAS (Sulitair), Muaro paneh, Perwako (Koto Baru) dan perantau nagari nagari lain ,” pungkasnya. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]