Penerimaan Mahasiswa Baru

PTN Wajib Sediakan 20 Persen untuk Anak Miskin


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:48:43 WIB

JAKARTA, HALUAN —Men­teri Riset, Teknologi, dan Pen­di­dikan Tinggi Mohammad Nasir menegaskan dalam pe­ne­rimaan calon mahasiswa baru, perguruan tinggi negeri mem­berikan kuota 20 persen untuk anak miskin yang dibiayai oleh pemerintah.

Menristekdikti Muham­mad Nasir yang didampingi Irjen Kemenristekdikti Jamal Wi­woho mengatakan hal ter­sebut seusai membuka rapat koordinasi pengawasan Ins­pek­torat Jenderal Ke­men­ristek­dikti di Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/2).

Ia mengatakan untuk 10 persen diberikan kepada anak yang tergolong miskin, tetapi membayar kuliah makasimal Rpsatu juta per semester dan yang 70 persen untuk umum yang disesuaikan dengan kon­disi perekonomian orang tua. Besar kecilnya uang kuliah tunggal (UKT) ditentukan oleh rektor masing-masing per­guruan tinggi.

“Untuk itu saya minta da­lam memberikan beasiswa ke­pada anak miskin yang ber­prestasi itu jangan sampai ke­liru. Kami berharap per­guruan tinggi betul-betul men­ge­cek kondisi orang tuanya sampai ke rumah masing-ma­sing,” katanya.

Ia mengatakan dalam me­ne­n­tukan UKT kepada ma­ha­siswa juga harus ada keadilan dan bagi mereka yang orang tuanya mampu tidak boleh meminta membayar seperti mereka yang tidak mampu.

Menristekdikti me­nga­ta­kan untuk anggaran PT ne­geri dalam tahun ini juga tidak mengalami perubahan dan masih seperti tahun lalu yaitu sebesar Rp4,55 triliun.

“Aggaran pemerintah yang ada semua digunakan untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur, anggaran pen­didikan juga tidak naik,” katanya.

Ia mengatakan UKT tahun ini juga tidak akan naik, masih seperti tahun lalu karena ang­garan yang diberikan peme­rintah juga masih sama. (h/rol)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 15:33:07 WIB

    Aturan Peserta UTBK-SBMPTN: Isolasi Diri Hingga Pakai Masker-Face Shield saat Tes

    Aturan Peserta UTBK-SBMPTN: Isolasi Diri Hingga Pakai Masker-Face Shield saat Tes HARIANHALUAN.COM - Gelombang pertama UTBK-SBMPTN 2020 akan diselenggarakan pada 5 Juni nanti. Di sisi lain, pandemi COVID-19 belum mereda. Peserta UTBK dianjurkan untuk mengisolasi diri supaya aman dari virus Corona..
  • Rabu, 08 April 2020 - 11:07:06 WIB

    Selamat! 96.496 Siswa Lulus SNMPTN 2020, Cek di Situs Ini Jam 13.00 Wib

    Selamat! 96.496 Siswa Lulus SNMPTN 2020, Cek di Situs Ini Jam 13.00 Wib JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengumuman SNMPTN Tahun 2020 bakal dibuka siang nanti. Ada 96 ribu siswa yang lulus SNMPTN tahun ini. Hal ini disampaikan oleh Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih dalam .
  • Senin, 08 Juli 2019 - 11:08:48 WIB

    Hasil SBMPTN Diumumkan 9 Juli Pukul 15.00 WIB

    Hasil SBMPTN Diumumkan 9 Juli Pukul 15.00 WIB JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan diumumkan pada Selasa (9/7). Menurut laman situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), hasil SBMPTN diumumkan pada pu.
  • Rabu, 01 Juni 2016 - 03:43:53 WIB

    Menristekdikti Janjikan Sanksi Keras Bagi Joki SBMPTN

    SEMARANG, HALUAN —Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mu­ham­mad Nasir menegaskan tindakan perjokian dalam Seleksi Bersama Masuk Per­gu­ruan Tinggi Negeri (SB­M­PTN) akan diproses hukum..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]