Penetapan Caleg Terpilih

Wacana Kembali ke Sistem Nomor Urut Menguat


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:49:02 WIB

JAKARTA, HALUAN — Partai politik di DPR diyakini ingin mengubah sistem caleg terpilih berdasar suara terbanyak menjadi sistem nomor urut. Hal ini terlihat dengan pernyataan PKS yang secara terbuka sudah me­nyam­pai­kannya ke publik.

Koordinator Komite Pemilih Untuk Indonesia (TePI), Jeirry Su­mam­pow mengatakan, melihat ada gejala partai politik menginginkan perubahan terse­but. Sebelum PKS menyampaikan wa­cana kembali ke sistem nomor urut, PDIP juga mewa­ca­nakan beberapa tahun lalu.

“Kalau sekarang PKS mewa­cana­kan itu dan PDIP konsisten dengan usulan­nya, kemungkinan ke arah itu mungkin sa­ja, mengingat posisi PDIP sebagai par­tai pro pemerintah,” ujarnya Senin (8/2). 

Apabila PDIP sebagai partai pe­mim­pin dan mendapat dukungan PKS, maka beberapa partai lain kemungkinan besar akan mendukung. Apalagi, kata Jeirry, Menteri Dalam Negeri saat ini berasal dari PDIP sehinga secara politik gagasan itu makin kuat. (h/rol)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 08:58:13 WIB

    Wacana Pembubaran 18 Lembaga Negara, Bagaimana Pegawainya?

    Wacana Pembubaran 18 Lembaga Negara, Bagaimana Pegawainya? HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai rencana perampingan lembaga di level pemerintah pusat. Ia menyampaikan dalam waktu dekat akan ada 18 lembaga/instansi yang akan dirampingkan..
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 12:52:14 WIB

    Pengaruhi Investasi, Reshuffle Kabinet Harus Pasti Jangan Sekadar Wacana

    Pengaruhi Investasi, Reshuffle Kabinet Harus Pasti Jangan Sekadar Wacana HARIANHALUAN.COM - Peneliti Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira mempersilakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan reshuffle kabinet. Bhima meminta agar Presiden Jokowi tidak .
  • Senin, 01 Juni 2020 - 10:22:29 WIB

    KPU Godok Wacana Kampanye Online Cegah Penyebaran Covid-19

    KPU Godok Wacana Kampanye Online Cegah Penyebaran Covid-19 HARIANHALUAN.COM - KPU tengah mempersiapkan skenario tahapan Pilkada 2020 dengan menyesuaikan protokol pencegahan Covid-19. Salah satu wacana yang muncul adalah kampanye secara online..
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 08:29:26 WIB

    Fase New Normal, Wacana Sekolah Kembali Dibuka Disarankan Ditunda

    Fase New Normal, Wacana Sekolah Kembali Dibuka Disarankan Ditunda HARIANHALUAN.COM - Pemerintah saat ini menyiapkan protokol fase new normal untuk aktivitas warga di tengah pandemi Corona (Covid-19). Pemberlakukan new normal sebagai alternatif untuk menghidupkan kembali sektor ekonomi yang .
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 19:52:45 WIB

    Mahfud MD Sebut 'New Normal' Masih Wacana

    Mahfud MD Sebut 'New Normal' Masih Wacana HARIANHALUAN.COM - Kebijakan tentang tatanan hidup baru atau New Normal hidup berdamai dengan pandemi Covid-19 masih sebatas wacana. Hal tersebut, disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]