Pelantikan Kepala Daerah Berdasarkan AMJ


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:50:18 WIB

JAKARTA, HALUAN — Kendati Pemerintah telah menetapkan waktu pelantikan tahap pertama bagi kepala daerah terpilih Pilkada pada 2015 lalu, namun tidak semua kepala daerah yang akan dilantik pada agenda pelantikan tahap pertama tersebut.

Sebagaimana diketahui, pelantikan tahap pertama telah ditetapkan pada 12 Februari untuk Gubernur dan Wakil Gubernur, serta 17 Februari untuk pelantikan Bupati-Wakil Bupati/ Wali­kota-Wakil Walikota.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, kepala daerah yang dilantik pada tahap pertama yakni daerah yang Pilkadanya sudah selesai proses di Mahkamah Kons­titusi (MK) dan juga akhir masa jabatan (AMJ) kepala berakhir pada Februari.

“Kalau pun telah selesai di MK, tapi AMJ-nya belum habis, tidak boleh dikurangi, dilantik sesuai dengan ber­akhir AMJ-nya,” kata Men­dagri kepada wartawan, Senin (8/2).

Adapun kepala daerah tingkat provinsi yang dilantik pada 12 Februari sebanyak tujuh pasangan gubernur dan wakil gubernur dari 9 pro­vinsi peserta Pilkada 2015, minus Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah. Pe­lantikan sedianya dilakukan di Istana Negara oleh Presi­den Joko Widodo.

Sementara, lima hari sete­lah­­nya yakni 17 Februari gi­li­ran bupati beserta wakil bu­pa­ti, walikota beserta wakil wa­­likota dilantik di ibu kota pro­­vinsi masing-masing da­e­rah oleh Gubernur setem­pat. 

Ada sekitar 202 pasangan bupati-wakil bupati dan wali­kota-wakil walikota yang semestinya dilantik pada tanggal tersebut, sesuai de­ngan Undang-undang yakni berakhirnya AMJ daerah setempat. “Namun ada em­pat kabupaten/kota ditambah satu provinsi diundur, tujuh kabupaten/kota juga masih diproses sengketa di MK,” kata Tjahjo.

Selanjutnya, daerah yang kemungkinan dilantik pada tahap kedua yakni Maret 2016 sebanyak 11 kabupaten/kota ditambah pasangan gu­ber­nur-wakil gubernur Kali­mantan Tengah. “Untuk Kal­teng, itu kalau tidak ada masalah sengketa MK, kare­na dilantik menunggu proses MK selesai,” katanya.

Sementara, tahap tiga direncanakan dilakukan yak­ni Juni 2016 untuk daerah yang AMJ-nya berakhir sete­lah Maret 2016. “Yakni Pro­vinsi Sulteng, ditambah 30-an bupati/ walikota,” katanya. (h/rol)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]