Jalur Pendakian Gunung Slamet Ditutup


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:52:30 WIB

PURBALINGGA, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menutup jalur pendakian Gunung Slamet karena cuaca yang tidak mendukung.

“Jalur pendakian Gu­nung Slamet ditutup mulai Senin (8/2) hingga batas waktu yang belum di­ten­tukan atau kondisi cuaca membaik,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pe­muda dan OIahraga Pra­yitno, Senin (8/2).

Menurutnya, penutupan ter­sebut dilakukan karena ter­jadi hujan lebat disertai dengan angin kencang di sepanjang jalur pendakian hingga puncak Gunung Sla­met.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mengin­for­masikan penutupan jalur pen­dakian tersebut di Pos Pen­dakian Gunung Slamet, Du­sun Bambangan, Desa Kuta­bawa, Kecamatan Ka­rangreja.

Ia mengakui bahwa saat ini banyak wisatawan minat khusus yang ingin mendaki Gunung Slamet namun ka­rena kondisi cuaca yang tidak bersahabat, pihaknya menutup jalur pendakian tersebut untuk sementara waktu.

“Sebenarnya minat wi­satawan untuk mendaki Gu­nung Slamet sangat tinggi. Ini terlihat dari jumlah pen­daki yang memanfaatkan liburan Tahun Baru Imlek 2567 untuk melakukan pen­dakian pada hari Sabtu (6/2),” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan data Pos Pen­dakian Gunung Slamet di Dusun Bambangan, jumlah wisatawan minat khusus yang berangkat mendaki pada hari Sabtu (6/2/2016) sekitar 700 orang.

Menurutnya, para pen­daki tersebut seharusnya turun paling lambat pada Minggu (7/2/2016) malam, namun karena adanya hujan yang disertai angin kencang, sebagian pendaki masih tertahan di Gunung Slamet. “Informasi yang kami te­rima, mereka yang masih berada di atas dalam kon­disi selamat,” tandasnya. (h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]