Irman Gusman Cup 2016

Menatap PON Papua 2020


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:57:19 WIB

PADANG, HALUAN — Ro­mantika turnamen sepakbola Harun Zain Cup begitu mem­bekas di benak pembesut tur­namen sepakbola serupa, Ir­man Gusman Cup 2016. Ber­tolak dari kisah sukses tur­namen sepakbola tersebut, Spartan Enterprese membesut turnamen sepakbola terbesar di Sumbar dengan me­ng­ikut­ser­takan 184 tim dari seluruh kecamatan di 19 kabupaten-kota di provinsi ini.

“Turnamen ini adalah pro­ses dari mimpi tim Sumbar yang tangguh yang akan diper­siapkan menghadapi PON 2020 di Papua. Nantinya, akan ada talentscounting oleh pe­latih. Pemain-pemain terbaik akan diasah kemam­puan­nya,” kata Ketua Harian Panitia turnamen Hardimen Koto di Padang, Senin (8/2) saat jumpa media yang juga dihadiri Ketua PSSI Sumbar, Indra Dt Rajolelo.

Karenanya, pemain yang akan dipakai setiap tim nantinya adalah pemain minimal U-17 sebanyak empat orang, lalu 4 orang lagi pemain U-19, sisanya adalah pemain U-23. Pemain-pemain U-17 dan U-19 inilah nantinya akan masuk dalam radar pemantau bakat untuk kemudian diasah.

“Sebanyak 24 pemain akan dipilih. Mereka dipersiapkan dengan jangka waktu panjang. Dari proses yang panjang itu, akan tetap ada evaluasi melalui proses promosi dan degradasi. Karena pelatihannya tersen­tralisasi, bisa jadi dilaksanakan di Padang dan bisa jadi juga di luar negeri atau sebaliknya, kami mendatangkan pelatih asing,”sebut Hardimen lagi.

Wakil Ketua Panitia, Nofi Sastra menambahkan, tur­namen yang rencananya akan kick off Maret mendatang akan dimulai di tingkat kabupaten/kota dan mempertemukan tim dari ke­ca­matan. Pemenang di tingkat daerah akan masuk ke fase final di Padang. Di tingkat ini, ta­lentscount mulai bertugas

“Dari 19 tim tersebut akan dibagi dalam empat pool dan bertanding dengan sistem se­tengah kompetisi. Puncaknya, akan bertanding Mei dan grand finalnya dilangsungkan di Sta­dion H Agus Salim,”kata man­tan wartawan olahraga na­sional ini. Ketua PSSI Sumbar Indra Dt Rajolelo menyambut hangat rencana kegiatan ini karena sejalan dengan rencana kerja pihaknya. (h/mat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]