SSB Padang Alai Wakili Sumbar ke Nasional


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:58:52 WIB
SSB Padang Alai Wakili Sumbar ke Nasional TIM SSB Padang Alai Padang Pariaman meraih juara Aqua Danone Nations Cup Wilayah Sumbar dan akan melaju ke tingkat Nasional. (SANI)

PADANG, HALUAN — Se­ko­lah Sepa Bola (SSB) Pa­dang Alai Padang Pariaman mewakili Sumatera Barat un­tuk tampil di pentas nasional Aqua Danone Nations Cup (ADNC). SSB Padang Alai menjadi wakil Sumatera Ba­rat setelah dalam babak final  menggalahkan SSB Si­bi­nuang Payakumbuh mel­alui a­du penalti, Minggu (7/2). Juara tiga diraih oleh PSTS Tabing dan juara empat di­dapatkan oleh SSB Gama Muda Pasaman.

Dalam waktu normal kedua tim bermain imbang 0-0 dan akhirnya di­lan­jut­kan dengan adu penalti. Dalam drama adu penalti, SSB Padang Alai sempat be­rada dalam tekanan setelah penendang pertamanya Al­fredo yang juga merangkap sebagai kiper tendanganya mampu ditahan kiper Si­binuang, sementara itu dua penendang awal Sibinuang mampu menceploskan bola.

Namun Alfredo berhasil menggagalkan penendang ketiga Sibinuang. Dua pe­nendang SSB Padang alai berhasil menceploskan bola ke gawang. Sehingga skor drama adu penalti awal ber­kesudahan 2-2. Dan di­lan­jut­kan dengan penalti pe­nen­tuan, dimana hanya ada satu tendangan.

Jika gol maka tim si penendang yang akan me­nang, namun jika tidak gol maka tim kiper yang akan menang. Dalam koin tos, SSB Padang Alai menjadi penendang dan SSB Si­bi­nuang menjadi kiper. Al­fredo yang gagal di­ten­da­ngan pertamanya kembali dipercaya, namun pada ten­dangan keduanya ini Al­fredo tidak menyia-nyiakan ke­sempatan dan ten­da­ngan­nya berhasil mengoyak ga­wang Sibinuang maka SSB Padang Alai menjadi juara.

Dalam kesempatan ter­sebut, Walikota Padang Mah­yeldi Ansharullah juga mem­berikan bonus kepada SSB Padang Alai sebagai pe­me­nang. “Semangat dan du­kungan dari masyarakat un­tuk pembinaan pese­pak­bola di daerah tersebut akhir­nya membuahkan pres­tasi juara ini,”ujar manejer SSB Padang Alai, Siri, Minggu (7/2).

Untuk di tingkat na­sional nanti, Siri me­nga­takan kalau akan meng­himpun bantuan dari selu­ruh masyarakat perantau minang yang berada di Ja­karta. “Mudah-mudahan de­ngan gelar juara ini dapat me­motivasi seluruh ma­sya­rakat Padang Alai,”jelasnya.

Untuk final nasional sendiri akan dilakukan pada 23-24 Juli di Jakarta. Na­mun untuk tim SSB Padang Alai sendiri akan berangkat pada tanggal 20 Juli.” Untuk final dunia nanti akan di­gelar di Prancis sekitar bulan Ok­tober,”ujar match comisioner pertandingan ADNC Sum­bar, Joko, Ming­gu (7/2).

Dijelaskan oleh Joko bahwa kebutuhan dari SSB Padang Alai akan dibiyai oleh panitia selama me­ngi­kuti ADNC tingkat na­sio­nal. “Mulai dari kostum mereka sampai semua ke­bu­tuhan mereka disana  akan ditanggung,”ungkapnya.

Meski Gagal Juara Grub B, Pespa Kambang Puas

Sementara itu sekolah sepak Bola (SSB) Pespa Kam­bang tercatat sebagai peserta Grup B Pespa Kam­bang, Rajawali Machudum (Pa­dang), Kota Biru (Pa­ya­kum­buh), pada Festival Se­pak­bola Aqua Danone Na­tions Cup (AQUA DNC) ting­kat Sum­bar 2016 di Sta­dion H. Agus Salim Pelatih SSB Pespa Kam­bang, Doni Otong me­nga­kui, besutanya Rijalul Ar­syad dkk memiliki ke­sem­patan keluar sebagai juara grup B, tetapi SSB Kota Biru bermain lebih baik, ”Pespa Kambang me­miliki kesempatan menang me­la­wan Kota Biru. Namun Ko­ta Biru bermain lebih agre­sif,” ung­kap Doni Otong.

Kekalahan Pespa Kam­bang melawan Kota Biru terasa menyesakan. Pa­sal­nya melawan Rajawali Machu­dum (Padang) di­me­nangkan Pespa Kambang (1-0), gol satu-satunya di­lesakan Rijalul Arsyad de­ngan ‘menawan’ hasil ker­jasama yang baik, tim yang dimanajeri M. Junaidi, ke­pala UPTD Pendidikan Lengayang.

Bagi M Junaidi yang akrab disapa Mabob, me­rum­putnya SSB Pespa Kam­bang di Sta­dion H Agus Salim adalah ke­sem­patan yang me­ngins­pirasi bagi pem­binaan ge­nerasi muda Le­nga­yang di­masa yang akan datang.

“Di Kambang, se­pak­bola adalah cabang olahraga yang diminati. Me­ski cabang olahraga beladiri, karate dan taekwondo telah meng­harumkan nama Kec­a­ma­tan Lengayang,” kata Ma­bob. (h/san/Agusmardi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 18:06:26 WIB

    Pertandingan SSB Bayang Cup I se Sumbar Digelar 2 Hari

    Pertandingan SSB Bayang Cup I se Sumbar Digelar 2 Hari PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Camat Bayang Ilham Saputra membuka pertandingan sepak bola, SSB Putra Bayang Cup I, se Sumatra Barat, di lapangan Kenagarian Kapelgam, Sabtu (22/2)..
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 10:31:44 WIB

    Keren..! Wawako Hendri Septa Langsung Motivasi Siswa SSB Taruna Luki 

    Keren..!  Wawako Hendri Septa Langsung Motivasi Siswa SSB Taruna Luki  PADANG,HARIANHALUAN.COM-- Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa yang juga selaku Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Padang terus melakukan upaya dalam menekan terjadinya kasus penyalahgunaan narkotika dan sejenisnya bagi masyarak.
  • Rabu, 26 April 2017 - 01:45:58 WIB

    SSB Balaibaru Juara Tiga Piala Menpora U-13

    SSB Balaibaru Juara Tiga Piala Menpora U-13 PADANG, HALUAN—Sekolah Sepakbola (SSB) Balaibaru Padang berhasil meraih juara ketiga Piala Menpora U-13 Indonesia Gold Drink International di Lapangan Sepakbola Sentul Bogor, 22-24 April. Jumlah peserta yang mengikuti turna.
  • Senin, 09 Januari 2017 - 09:27:44 WIB

    Hebat, SSB Kota Biru Payakumbuh Juara Aqua DNC 2017 Sumbagsel

    Hebat, SSB Kota Biru Payakumbuh Juara Aqua DNC 2017 Sumbagsel PADANG, HALUAN--SSB Kota Biru Kota Payakumbuh, tampil sebagai juara final regional Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) Aqua Danone Nations Cup (Aqua DNC) 2017. Dengan demikian, SSSB Kota Biru berhak lolos ke final nasional di .
  • Rabu, 04 Januari 2017 - 17:23:58 WIB

    SSB Semen Padang Targetkan Lolos ke Fase Dunia

    SSB Semen Padang Targetkan Lolos ke Fase Dunia PADANG, HALUAN -- Sekolah Sepak Bola (SSB) Semen Padang, Rabu (4/1) ini dilepas menuju Final Regional Danone Nations Cup (DNC) 2017 ke Palembang Sumatera Selatan. Sebanyak 12 pemain, 2 pelatih dan 2 official SSB Semen Padang .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]