89 KK Miskin Tempati Rumah Baru


Selasa, 09 Februari 2016 - 04:00:18 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Sebanyak 89 Kepala Keluarga (KK) yang berasal dari warga kurang mampu di dua kelurahan, Parambahan dan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari (Latina), akhirnya mulai menempati rumah baru.

Rumah baru ini meru­pakan bantuan pemerintah untuk warga kurang mampu ini, secara simbolis sudah diserahkan Walikota Pa­yakumbuh dalam suatu aca­ra di Aula Kantor Camat Latina, Kamis (4/2). 

Bantuan Rumah Layak Huni (RLH) dari Pemko Payakumbuh ini, mendapat apresiasi dari  Syafrizal dan Mawi Etek Arianto, dua anggota DPRD Payakum­buh. Atas nama masyarakat, mereka menyampaikan rasa terimakasih dan peng­ha­rga­an yang tinggi atas kepe­dulian pemko menyediakan rumah tersebut.

“Masyarakat kami sa­ngat senang dengan kepe­dulian Pemko ini. Warga miskin di Latina kini sudah terangkat kehidupannya. Dari tak punya rumah layak huni, sekarang sudah punya tempat berteduh yang cukup sehat dan indah. Namun, masih ada 300-an lagi rumah tak layak huni di Latina yang menjadi PR bagi kami ber­sama pem­ko untuk mem­berdayakan kehidupan war­ga miskin itu,” sebut Syaf­rizal.

Usai serah terima RLH kepada 89 KK kurang mam­pu ini, kedua wakil rakyat ini bersama Walikota Riza Fa­lepi, Camat Latina, David Bachri dan Kabid Cipta Karya Delni Putra, langsung meninjau salah satu rumah warga miskin di kawasan lapangan sepakbola Porsid, yang berjarak sekitar 500 meter dari kantor camat setempat

Dengan dana yang dibe­rikan pemko melalui Prog­ram Peningkatan Peru­ma­han Swadaya Kementerian PU dan Perumahan Rakyat itu, setidaknya pihak pemko sendiri sudah menam­pak­kan kepedu­liannya kepada warga Payakumbuh, khu­susnya warga kurang mam­pu. Dari dana bantuan yang hanya sebesar Rp10 juta, keluarga bersangkutan mam­pu membangun rumah parmanen menjadi senilai lebih kurang  Rp80 juta.

Sementara itu, Asrarul Huda, koordinator pelak­sana program yang ditunjuk pemerintah pusat me­nga­takan, peran keluarga pe­nerima program dan warga sangat tinggi. Ini terlihat dari antusias dan raut wajah ba­hagia yang terpancar. Kete­rangan Asrarul itu dia­mini oleh Yola Pramita, (24), ibu muda yang me­nempati rumah tersebut bersama suaminya Nofriwon (34) dan dua anak­nya serta ibu kandungnya.

Ke-89 rumah yang diba­ngun melalui dana bantuan yang totalnya mencapai Rp­890 juta sudah rampung 100% dengan nilai swadaya yang cukup tinggi. Setelah dibangun, nilai partisipasi berkisar antara 75 hingga 100 persen. Rumah tersebut berlokasi di Kelurahan Pa­rambahan sebanyak 45 KK, dan di Kelurahan Sungai Durian sebanyak 44 KK.

Walikota Riza yang di­hu­bungi Haluan menga­takan, pemko ingin menun­taskan pembangunan fisik di Kecamatan Latina, karena selama ini jauh tertinggal dengan kecamatan lainnya di Payakumbuh. Karena itu, tidak hanya pembangunan rumah buat warga miskin, tapi pembangunan fisik lain­nya juga banyak dialo­ka­sikan pemko ke Latina.

Sebagaimana diketahui, sepanjang tahun 2015 saja sudah ada sekitar Rp30 miliar nilai pembangunan fisik di Latina, diantaranya, irigasi, betonisasi jalan ling­kungan, normalisasi Sungai Batang Pulau, drainase dan bantuan bibit pertanian dan obatan. “Tahun ini, pemko juga membangun SMKN IT dan meningkatkan atau pe­ng­aspalan  jalan baru me­nuju sekolah kejuruan in­formasi tekhnologi itu,” ujarnya. (h/zkf/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 November 2019 - 09:51:39 WIB

    Rp3,89 Miliar Dana Zakat Disalurkan Untuk Umat di Pasaman

    Rp3,89 Miliar Dana Zakat Disalurkan Untuk Umat di Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Keberadaan lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di daerah itu..
  • Senin, 10 Juni 2019 - 19:43:01 WIB

    Belanja Makanan Naik, Kota Padang Alami Inflasi 0.89% di Bulan Mei

    Belanja Makanan Naik, Kota Padang Alami Inflasi 0.89% di Bulan Mei PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang Sukardi menyebutkan selama Mei 2019, Kota Padang mengalami inflasi 0.89%. .
  • Kamis, 15 November 2018 - 09:33:14 WIB

    11.893 CPNS Pemprov Sumbar Terjungkal, Kaji Ulang Passing Grade!

    11.893 CPNS Pemprov Sumbar Terjungkal,  Kaji Ulang Passing Grade! PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dari 12.281 peserta Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi di lingkungan Pemprov Sumbar, hanya 388 peserta yang nilai SKD-nya memenuhi passing grade. Padahal.
  • Selasa, 26 September 2017 - 01:05:25 WIB

    7.892 KK Miskin Terima Bantuan PKH

    7.892 KK Miskin Terima Bantuan PKH AROSUKA, HALUAN - Sebanyak 7.892 KK miskin dari total 20.162 jiwa terdiri dari penerima SD, SMP, SMA, ibu hamil, balita, anak pra sekolah, lansia dan penyandang disabilitas di Kab Solok menerima bantuan dari program keluarga .
  • Ahad, 15 Mei 2016 - 18:15:54 WIB

    9.189 Siswa SD di Agam Siap Mengikuti US

    AGAM, HALUAN- Lebih kurang 9.189 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Agam, mengikuti ujian sekolah (US), 16-20 Mei 2016. Siswa yang mengikuti US dipastikan siap mengikuti ujian tersebut..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]