Parambahan dan Tambago Terima Dana Pembangunan


Selasa, 09 Februari 2016 - 04:01:13 WIB
Parambahan dan Tambago Terima Dana Pembangunan Walikota Riza Falepi bersama anggota DPRD Mawi Etek Arianto, meletakkan batu pertama, tanda dimulainya pembangunan MCK di Kelurahan Parambahan, Sabtu (6/2). (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN -— Kelurahan Parambahan, Ke­camatan Lamposi Tigo Nagori dan Kelurahan Tam­bago, Ke­camatan Paya­kum­buh Utara, menerima dana pembangunan fisik masing-masing sebesar Rp1 miliar tahun 2016 ini. Dana bantuan ini berasal dari APBN dan akan dimanfaatkan untuk pembangunan jalan ling­ku­ngan dan MCK melalui kegia­tan Penataan Lingkungan Pemu­kiman Berbasis Ko­mu­nitas (PLPBK).

Hal ini diketahui saat so­sia­lisasi yang dibuka oleh Wa­likota Payakumbuh H. Riza Falepi, di ruang per­temuan Balai Adat Kelurahan Pa­rambahan (Latina), Sabtu (6/2). Usai sosialisasi, Wa­likota bersama Mawi Etek Arianto, anggota DPRD Da­pil 2 Paya­kumbuh langsung meletakkan batu pertama atau groun­bre­king pemba­ngunan jalan lingkungan dan MCK di Parambahan terse­but.

Korkot III PLPBK Paya­kumbuh, Ernita, dalam kete­rangannya menyebut, pemba­ngunan jalan lingkungan be­rupa betonisasi dan MCK itu, dilakukan lewat gotong ro­yong di bawah koordinator BKM kelurahan setempat. Dari ketersediaan dana Rp1 Miliar, sebesar Rp150 juta digunakan untuk perencanaan dan Rp850 juta untuk pem­bangunan Infrastruktur.

“Parambahan sendiri telah memulai kegiatan infras­truk­tur dengan pola swadaya ma­sya­rakat, yakni membagunan jalan lingkung sepanjang 100 meter dengan cor beton, dra­i­n­se serta 38 unit MCK KK miskin,” sebut Ernita.

Sementara, Walikota Pa­ya­kumbuh, Riza Falepi saat so­sialisasi mengharapkan BKM Mato Aie mampu men­dorong warga untuk berperan aktif menyukseskan program PLPBK.

Sebab kebutuhan MCK bagi warga miskin akan mendorong terciptanya ke­lurahan sehat di Latina, se­hingga tak ada lagi warga Buang Air Besar (BAB) pada sembarangan tempat. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]