Koperindag Solsel Bina Banyak UMKM


Selasa, 09 Februari 2016 - 04:03:24 WIB

SOLSEL,HALUAN —Me­nurut data Dinas Koperasi Perindustrian dan Perda­gangan (Koperindag) Solok Selatan (Solsel),  jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) 1.342 terdiri dari usaha mikro 1.082, usaha kecil 225 dan usaha menengah 35.

“Selama 2015, bantuan berupa dana segar tidak ada yang diberikan kepada pela­ku UMKM.  Tapi, pinjaman diupayakan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan CSR PT. Semen Padang untuk mendorong pening­katan usaha,”kata Kepala Dinas Koperindag Solsel, Akhirman pada Haluan,(5/2).

Untuk nominal bantuan yang telah diterima selama 2015 terhadap pelaku usaha, pihaknya menyatakan tidak mengetahui dikarenakan pinjaman atau bantuan lang­sung di berikan kepada pela­ku usaha. “Biasanya pelaku usaha setelah mendapatkan pinjaman atau bantuan tidak ada yang melaporkan, na­mun jika terjadi perma­salahan seperti tunggakan pembayaran baru dila­por­kan,”katanya.

Ia mengatakan, hal itu tidak masalah disebabkan tugasnya adalah berupaya untuk membina serta me­ngembangkan pelaku usaha baik dari segi finasial mau­pun kualitas sumber daya ma­nusia. Untuk pemasaran pro­duk pelaku usaha salah satu­ cara adalah melalui pameran.

Bahkan tak jarang para pelaku usaha yang me­man­faatkan teknologi informasi sebagai sarana promosi pro­duk.”Pelaku usaha di Solsel umumnya bisa mengguna­kan medias sosial untuk mempromosikan produk mereka,”tambahnya.

Selain itu, bentuk pem­binaan terus dilakukan yak­ni melalui pelatihan, pe­nyuluhan dan dengan mem­buatkan sertifikat. Ia me­yakini situasi ekonomi mas­yarakat cenderung sulit se­hing­ga membuat pertum­buhan UMKM di Solsel stagnan.

Ia menyebutkan, salah satu andalan perekonomian mas­yarakat adalah kebun karet, sementara harga karet anjlok dan secara langsung ber­dampak terhadap daya beli masyarakat atas suatu produk.

Untuk dapat berkem­bang, ia mengharapkan ke­pada pihak perbankan mem­berikan bantuan permo­dalan kepada pelaku usaha sesuai ketentuan dan bagi perusahaan khususnya yang ada di Solsel juga mem­bantu melalui CSR.

Sementara, Publik Rela­tion Bank Mandiri Cabang Pembantu Muara Labuh, Jecky Novrinza menye­but­kan sebagai cabang pem­bantu yang baru ada sekitar 1,5 tahun. Pada 2015 telah menyalurkan sekitar Rp.2 miliar untuk pinjaman kre­dit. Jumlah pinjaman bagi pelaku usaha kecil mak­simal hingga Rp.25 juta untuk semua segmen, se­perti per­dagangan, industri kecil, pertanian dan jasa. “Ten­tunya, besaran pin­jaman yang akan diberikan diveri­fikasi dulu salah satu­nya tidak memiliki pinja­man di bank atau peru­sahaan perkreditan lain,” katanya.

Menurutnya, pada 2016 kembali diberikan pinjaman kredit untuk semua segmen mulai dari usaha kecil sam­pai kredit pensiunan pega­wai Negeri atau pegawai Badan Usaha Milik Negara. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 19 Oktober 2017 - 05:33:49 WIB

    44 Pegawai Dinas Koperindag Tes Urine

    44 Pegawai Dinas Koperindag Tes Urine SAWAHLUNTO, HALUAN - Sebagai bentuk pembinaan dan pengawasan pemakaian dan peredaran gelap narkotika dikalangan pemerintahan daerah. Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto kembali menyasar Organisasi Perangkat Daerah.
  • Senin, 18 Juli 2016 - 19:22:55 WIB

    Kadis Koperindag Sijunjung Terima Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM

    Kadis Koperindag Sijunjung Terima Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM SIJUNJUNG, HALUAN - Setelah Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM dari Kementrian Koperasi dan UKM pada tahun 2013 lalu, kini giliran Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Sijunjung Febrizal A.
  • Rabu, 27 April 2016 - 13:17:07 WIB

    Diskoperindag Sosialisasikan P-IRT Halal pada UMKM

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Dinas Ko­perasi, UMKM dan Perindag Kota Paya­kumbuh menggelar sosialisasi P-IRT, Halal dan Hak Atas Kekakayaan Intelektual (HAKI) se-Kota Payakumbuh, di hotel Bundo Kanduang, Selasa (26/4). Kegiatan .
  • Senin, 29 Februari 2016 - 03:28:26 WIB

    YDP dan Koperindag Gelar Pasar Rakyat

    YDP dan Koperindag  Gelar Pasar Rakyat PAYAKUMBUH, HALUAN — Festival Pasar Rakyat digelar Yayasan Danamon Peduli (YDP) bersama Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan Payakumbuh, di Pasar Tradisional Ibuah, Sabtu (27/2)..
  • Senin, 18 Januari 2016 - 05:14:32 WIB
    Janjikan Bantuan

    Nama Kadis Koperindag Solok Dicatut

    AROSUKA, HALUAN — Ke­pala Dinas Koperasi Perin­dus­tri­an dan Perdagangan (Dis­ko­perindag) Kabupaten Solok Harwendi, SE meminta masya­rakat pelaku usaha kecil dan menengah di daerah itu untuk waspada terhadap berbag.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]