Setelah Mereka Beratubat

GP Ansor Sumbar Siap Bina Eks Gafatar


Selasa, 09 Februari 2016 - 04:04:39 WIB

PADANG, HALUAN — Sebuah langkah  urgen digagas Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumatera Barat. Mereka  siap memberikan pendampingan dan  pembinaan  terhadap bekas anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang telah bertaubat.

Ketua Pimpinan Wila­yah Gerakan Pemuda An­sor Sumbar, Rahmat Tuan­ku Sulaiman, MM, Jumat (5/2)  ketika membuka Rapat Koordinasi Pim­pi­nan Wilayah Gerakan Pe­muda Ansor Sumatera Barat dengan Pimpinan Cabang Ansor se-Sumatera Barat, di aula PWNU Sumbar,  me­nyatakan, Pendampingan ini dimaksudkan agar eks anggota Gafatar yang dipu­langkan dari Kalimantan ke daerah asalnya di Sumatera Barat  itu,   bisa kembali menjalankan ajaran agama Islam yang benar di tengah umat dan lingkungannya.

Dia menjelaskan, seba­gai warga negara yang baik kita jangan mengucilkan  eks anggota Gafatar  dalam ke­hidupan bermasyarakat dan bernegara. Mereka juga bagian dari masyarakat kita yang membutuhkan hidup bermasyarakat. Oleh karena itu bagi eks anggota Gafatar yang sudah menyadari keke­liruaannya dan bersedia kembali ke jalan yang benar, sudah saatnya pula mas­yarakat menerimannya de­ngan baik.

“Tentunya mereka yang akan mendapatkan pen­dampingan sudah menya­takan bertaubat, bersumpah keluar dari Gafatar dan bersumpah untuk kembali ke jalan yang benar. Ang­gaplah ketika masuk Ga­fatar karena kekeliruan, setelah mengetahui adanya kekeliruan tersebut kembali ke jalan yang benar,” kata Rahmat alumni Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ri­ngan Pakandangan, Kabu­paten Padang Pariaman ini.

Selain itu, katanya, mas­yarakat harus belajar dari kemunculan Gafatar ini.  Dimana masyarakat, ter­utama orangtua untuk mem­perhatikan anak-anak dan generasi mudanya ja­ngan mudah terpengaruh oleh kelompok, paham dan ajaran baru yang tidak jelas sumbernya. Di zaman yang serba internet ini, banyak orang hanya bertanya ke­pada “mbah google”, ketim­bang kepada ahlinya. “Ge­nerasi muda yang pe­nge­tahuan dan pemahaman keagamaannya masih dang­kal, akan mudah terpro­vokasi oleh paham, ajaran atau pemikiran yang dite­rimanya dari informasi me­dia sosial.  Pada akhirnya dapat merubah sikap, ting­kah laku, pemikiran dan pola hidup seseorang yang tidak lagi sesuai dengan agama Islam yang sudah diyakini sejak dini,” kata Rahmat Tuanku Sulaiman yang didampingi Sekretaris PW GP Ansor Arianto, M.Kom.

Dia mengatakan, PW Ansor Sumatera Barat meng­himbau kepada selu­ruh kader Ansor dan umat Islam untuk memperkuat kehidupan beragama di lingkungan masing-masing.

Rapat Koordinasi (Rakor) diawal dengan mem­baca Al-Fatihan dan diakhiri dengan membaca Shalawat Nabi Muhammad Saw. Rakor sekaligus me­nyampaikan surat-surat kepu­tusan PP GP Ansor terkait dengan surat kepu­tusan tentang pengesahan pengurus PC GP Ansor di Kabupaten dan Kota. “De­ngan keluarnya surat ke­putusan kepengurusan tersebut, diharapkan akan memberikan motivasi yang semakin tinggi bagi pe­ngurus Ansor di Sumatera Barat untuk berbuat baik demi kemaslahatan umat,” ulasnya. (h/bus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]