Jalan Nasional di Painan Gawat

PU Sumbar Didesak Bergerak Cepat


Selasa, 09 Februari 2016 - 04:05:07 WIB

PAINAN, HALUAN — Kondisi jalan nasional Lintas bagain Barat Sumatera di Buah Palo bukit Putih kecamatan IV Jurai, Pessel semakin gawat, rusak parah dan sangat memperhatinkan. Pemprov melalui Dinas Prasjaltarkim Sumbar,  didesak agar cepat melakukan perbaikan.

Pengamatan Haluan di lokasi Senin (9/2) kemarin, pada beberapa titik di badan jalan nasional ini terdapat lobang yang menganga serta siap menelan korban ke­cela­kaan lalulintas. Warga sangat khawatirn bila tidak segera diatasi dapat mengundang kecelakaan serta dapat mem­bawa korban.

Zonifran 38 tahun warga Pai­nan mengakui, kerusakan ja­lan tersebut sudah berlang­sung lama, namun perbiakan te­r­abaikan oleh pemerintah Sum­­bar dalam hal ini PU Sum­bar sebagai Satker ter­kait.

“Pembiaran tersebut mem­buat kerusakan jalan se­makin parah bahkan mem­buat kemacetan lalu lintas. Pasalnya,  pengemudi harus berhati bergiliran ketika me­nem­puh jalan yang rusak tersebut. Akibarnya, sering terjadi kemacetan panjang,” ujar Zon.

Hal yang sama juga di­sam­paikan salah seorang penge­mu­di kendaraan ang­kutan umum Padang- Painan Asrijal (41). Menurutnya, seharusnya pemerintah lebih mem­prio­ritaskan perawatan dan pem­bangunan jalan, apa­lagi ke­beradaan dekat dengan pintu gerbang kota Painan Pessel tentu tidak akan membiarkan jalan ter­sebut menjadi rusak.

Kerusakan jalan tersebut dipicu akibat tali bandar pada sisi jalan tidak ber­fungsi. Akibatnya, bila hujan air yang ada pada tali bandar sisi jalan tersebut tergenang akibat saluran pembuang air yang belum memadai, kon­disi ini salah satu membuat badan jalan cepat rusak dan berlo­bang, bila tali bandar yang ada pada sisi jalan nasio­nal terse­but memadai se­bagai tempat pem­buangan air, setidaknya ke­ru­sakan jalan akan dapat ter­atasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum ( PU) Pessel Era Syukma Munaf yang dikon­firmasi haluan mengatakan, kerusakan jalan tersebut su­dah disampaikan ke Pemda Provinsi Sumbar, untuk per­baikannya merupakan we­wenangnya Pemda provinsi. “Diharapkan kerusakan jalan ini cepat diatasi agar kendala lalulintas dapat berjalan lan­car kem­bali,” pungkasnya. (h/mjn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]