IAIN IB Padang Sediakan 3.500 Kursi


Selasa, 09 Februari 2016 - 04:05:56 WIB

PADANG, HALUAN — Tahun akademik 2015/2016 ini, IAIN Imam Bonjol (IB) Padang sediakan 3.500 kursi untuk calon mahasiswa baru. Proses penerimaan calon mahasiswa baru akan dilakukan melalui tiga jalur. Pertama jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dengan kuota 50 persen, kedua Ujian Masuk (UM-PTKIN) dengan kuota 30 persen  dan  ketiga Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (SPMB-Mandiri) dengan jatah 20 persen.

Warek Bidang Akademik dan Pengem­bangan Lembaga Dr Ikhwan, MA, Kamis (4/2)  menjelaskan, dalam penerimaan kali ini pihaknya juga menyediakan sejumlah beasiswa. Diantaranya, bidik misi yang sering disebut dengan beasiswa ba­gi mahasiwa berprestasi tapi kurang mampu di bidang ekonomi. Selain itu juga tersedia beasiswa melalui DIPA IAIN, Baznas serta sejumlah mitra kerja yang peduli dengan pendidikan.

“Intinya, kuliah di IAIN Imam Bonjol Padang banyak sekali beasiswanya,” kata­nya. Ikhwan juga menyebut, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefudin secara resmi akan meluncurkan program SPMPB-PTKIN tahun ini pada Rabu (10/2) di Kemenag pusat di Jakarta di hadapan seluruh rektor dan ketua perguruan tinggi keagamaan se-Indonesia.

Menyikapi persaingan yang semakin ketat saat ini diantara perguruan tinggi di Ranah Minang, Ikhwan menyebut, IAIN Imam Bonjol Padang merasa bisa optimis me­me­nuhi kuota penerimaan mahasiswa baru tersebut. Jumlah 3.500 ini telah disesuaikan dengan anggaran yang tersedia dan persediaan ruang belajar di kampus Lubuk Lintah dan Kampus III di Sungai Bangek.

“‘Berbagai persiapan telah diagendakan. Tim sosialisasi IAIN Imam Bonjol Padang yang akan dipimpin Rektor Dr Eka Putra Wirman, Warek dan Dekan serta Ka­biro serta Kakanwil Kemenag Sumbar H Sal­man dan jajaran terdiri dari Kabid dan Kabag serta tim dari Kan­wil, melaksanakan promosi dan memperkenalkan perguruan tinggi ini ke kantong-kantong madrasah dan sekolah umum. Dalam sosialisasi ini tim menguraikan  sejarah berdirinya kampus, program ke depan dengan adanya pengem­bangan kampus I, II hingga telah akan dimanfaatkannya kampus III sebagai kampus baru di Sungai Bangek Kota Tangah Padang yang saat ini telah tuntas pem­bangunannya,” terang Ikhwan.

Tidak hanya itu, sejumlah fakultas dengan jurusan-jurusan yang tersedia akan diper­kenal­kan kepada siswa-siswi yang tahun ini akan menyelesaikan pen­didi­kan­nya di madrasah aliyah dan pondok pesan­tren. Sejumlah peluang kerja bagi alumni IAIN kelak sangat banyak sekali dengan berbagai sumber ilmu.

Ditimbahkan Ikhwan yang juga mantan Dekan Fakultas Ushuluddin, saat ini ada enam fakultas dengan jurusan sebanyak 26 terdiri dari S1 dan D3 dan 10 diantaranya adalah program studi di Program Pascarsarjana. (h/rel/vie)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:04:22 WIB

    Pemko Padang Bantu Transportasi Kampus IAIN-IB

    PADANG, HALUAN - Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN-IB) Padang bakal “eksodus” ke Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah. Sebab pihak kampus telah selesai mem bangun gedung baru di kawasan itu..
  • Rabu, 30 November 2016 - 01:05:10 WIB

    Menag Terima Penghargaan dari IAIN IB Padang

    Menag Terima Penghargaan  dari IAIN IB Padang PADANG, HALUAN — Men­teri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin meminta kepada Ins­titut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) di usianya yang ke-50 ini, fokus pada pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, se­perti pendidika.
  • Kamis, 24 November 2016 - 00:49:28 WIB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB PADANG,HALUAN — Tim Islamic Deve­lopment Bank (IDB) berkunjung ke kampus II Lubuk Lintah dan Kampus III Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang, di Sungai Bangek, Koto Tangah Kota Padang, Rabu, (23/11). Ti.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:38:17 WIB
    KUNJUNGAN KE KAMPUS IMAM BONJOL

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN PADANG, HALUAN—Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Deding Ishak bersama 20 orang anggota berkunjung dan berdialog dengan segenap civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang dan jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Senin (31/10)..
  • Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:08:21 WIB

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden PADANG, HALUAN — Alih status Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang menuju Universitas Islam Negeri (UIN) tinggal beberapa langkah lagi. Saat ini pengajuan izin prinsip sudah diajukan ke presiden tinggal m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]