Progres RSUD Rasidin Lambat

Pembangunan Selesai Maret 2017


Selasa, 09 Februari 2016 - 04:07:25 WIB

PADANG, HALUAN—Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.  Rasidin Padang ditargetkan selesai Maret 2017 mendatang. Namun, progres pembangunan rumah sakit lambat, terbukti belum mencapai 10 persen.

Menurut Direktur RS UD Rasidin Artati kepa­da Haluan kemarin, pihaknya optimis pembangunan sele­sai sesuai rencana walaupun ada kendala.  Pembangu­nan rumah sakit  terhitung kontrak 22 September 2015, sedangkan target penye­lesaian 531 hari.

Ia menambahkan,  per­kem­bangan pembangunan setelah sekitar empat bulan tersebut terkendala pen­cairan dana dari pusat se­hingga tidak ada pencairan dana pada 2015.

“Kami terikat dengan nota kesepahaman antara pemerintah kota dan pusat. Urusannya di pusat juga ribet termasuk dua kali amandemen nota kesepa­haman,” ujarnya.

Menurutnya, dalam nota kesepahaman tersebut pem­ko telah menganggarkan untuk renovasi gedung yang layak dipertahankan yaitu bangsal bedah, anak, kebi­danan, dan ICU.

Selain itu, kontraktor yang melakukan pembangu­nan RSUD tersebut juga terhambat sejak persiapan awal termasuk kendala ling­kungan seperti Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan jaringan listrik di lokasi pembangunan.

“IPAL dan jaringan lis­trik itu terpaksa dipindah­kan karena harus terus ber­fungsi sehingga efektif pe­ker­jaan baru sekitar sebu­lan. Selain itu, kami me­mikirkan kepentingan pa­sien karena jika di satu sisi ada pembangunan, sisi lain direnovasi, maka di mana mereka akan ditempatkan,” katanya.

Saat ini pembangunan bergantung pada pinjaman pada Kementerian Keua­ngan dan nota kesepahaman yang telah disepakati. Kon­traktor yang bertanggung jawab dalam pembangunan yakni PT Nindya Karya harus meningkatkan kinerja dalam waktu yang tersisa sekitar 14 bulan lagi. “Pinja­man untuk RSUD Rp83 miliar, Rp65 miliar di anta­ranya untuk infrastruktur. Sedangkan sisanya untuk Alkes,”tutup Artati. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]