Selama 2016

Dinsosnaker Jaring 42 Anjal


Selasa, 09 Februari 2016 - 04:08:08 WIB

PADANG, HALUAN—Terhitung 1 Januari hingga 5 Februari 2016, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Padang telah menerima 42 orang gembel, pengemis, dan anak jalanan.

“Dari 42 orang yang ter­jaring oleh petugas keamanan, 15 diantaranya akan diberikan pelatihan untuk servis HP,” ujar Kepala Dinsosnaker Pa­dang Frisdawati Amran Boer pada Haluan, kemarin.

Ditambahkan Frisdawati, jumlah anjal yang terjaring pada awal tahun 2016 tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2015 lalu yang hanya sebanyak 35 orang.

Sedangkan untuk jumlah anjal terjaring yang diberikan pelatihan pada tahun 2015 dan 2016 ini jumlahnya masih sama yakni hanya untuk seba­nyak 15 orang saja.

“Hal ini memang karena keterbatasan anggaran yang kita terima, dan kita juga sudah berusaha mengajukan penambahan anggaran namun hingga kini masih belum ada penambahan,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, dari 42 orang yang terjaring tersebut, dua orang diantaranya baru diantarkan oleh petugas kea­manan pada Jumat 5 Februari 2016 karena kasus narkoba dan ganja.

“Sudah dilakukan tes urin oleh Badan Narkotika Na­sional (BNN), rencananya di Februari ini BNN akan mela­kukan rehabilitasi untuk me­re­ka berdua ini,” ungkapnya.

Dikatakan juga, pelatihan akan dilaksanakan pada bulan April mendatang, dengan men­da­tangkan langsung tena­ga tek­nisi yang berkompeten di bidang elektronik dan hand­phone.

“Kita akan datangkan pe­la­tihnya dari luar, dan nanti juga akan dibantu oleh teknisi yang ada di dinas. Setelah dilakukan pelatihan, dinas akan membekali dengan mem­berikan bantuan alat-alat dan sekaligus menyewakan satu tempat untuk mereka membuka usaha dari hasil pelatihan yang telah dibe­rikan, “ ujarnya.

Ia menjelaskan, dari 15 orang ini akan dibagi menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok akan mem­buka usaha, usaha yang di­kem­bangkan akan terus di­pan­t­au oleh dinas agar tetap jalan.  (h/rin)

Jumlah tersebut, jika di­ban­dingkan dengan tahun 2015 jumlah anjal dan pe­ngemis yang ditampung oleh dinas hanya berjumlah lebih kurang 35 orang, sedangkan di awal tahun ini saja sudah tercatat 42 orang. Dari 35 orang tersebut, jumlah anjal yang diberikan pelatihan dan pembekalan hanya berjumlah 15 orang.

“Tahun 2015 kemarin kita juga hanya bisa memberikan pembekalan untuk 15 orang anjal, begitu juga dengan tahun 2016 ini jumlahnya masih sama. Hal ini memang karena keterbatasan anggaran yang kita terima, dan kita juga sudah berusaha mengajukan penambahan anggaran namun hingga kini masih belum ada penambahan,” jelasnya.

Kapala Dinsosnaker Pa­dang Fridawati Amran Boer mengatakan, dua orang dari 42 tersebut baru diantarkan oleh petugas keamanan hari ini, Jumat (5/2). “Mereka berdua ini, terjaring karena kasus narkoba dan ganja. Tadi sudah dilakukan tes urin oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), rencananya di Feb­ruari ini BNN akan melaku­kan rehabilitasi untuk mereka berdua ini,” ungkapnya.

Dikatakan juga, setelah dilakukan rehabilitasi, pihak­nya akan melakukan pembe­kalan dan pelatihan untuk lebih kurang 15 orang anjal, dan pengemis ini. Pelatihan akan dilaksanakan pada bulan April mendatang, dengan mendatangkan langsung tena­ga teknisi yang berkompeten di bidang elektronik dan hand­phone.

“Kita akan datangkan pe­la­tihnya dari luar, dan nanti juga akan dibantu oleh teknisi yang ada di dinas. Setelah dilakukan pelatihan, dinas akan membekali dengan mem­berikan bantuan alat-alat dan sekaligus menyewakan satu tempat untuk mereka membuka usaha dari hasil pelatihan yang telah dibe­rikan, “ ujarnya.

Ia menjelaskan, dari 15 orang ini akan dibagi menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok akan mem­buka usaha, usaha yang dikembangkan akan terus dipantau oleh dinas agar tetap jalan.  (h/rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 Desember 2016 - 01:09:01 WIB

    Dinsosnaker Buka Posko Peduli Gempa

    Dinsosnaker Buka Posko Peduli Gempa PADANG, HALUAN - Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang peduli musibah gempa di Aceh dengan buka posko bantuan bencana, Kamis (8/12). Posko yang dibuka di depan kantor Dinsosnaker di Jalan Rasuna Said Nomor 73 tersebut aka.
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 14:10:42 WIB

    DKP, DKK dan Dinsosnaker Bakal Dilelang

    DKP, DKK dan Dinsosnaker Bakal Dilelang PADANG, HALUAN-- Untuk mencari pemimpin Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Padang bakal melakukan lelang jabatan dalam waktu dekat. Tiga SKPD tersebut, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Kesehata.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]