Tawarkan Pendidikan Khusus

STKIP Adzkia Padang Segera Buka Jurusan Baru


Selasa, 09 Februari 2016 - 09:41:38 WIB

PADANG, HALUAN — Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Adzkia Padang siap membuka empat jurusan baru. Diharapkan tahun ini, pihak kampus segera mendapat izin dari Dirjen Perguruan Tinggi (Dikti) dan Kopertis sehingga untuk semester baru ini bisa menjaring mahasiswa.

Kepala Keuangan dan Sarana Prasarana STKIP Adzkia Nanang Kosin me­nga­takan, empat jurusan baru yang akan dibuka ter­sebut adalah Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pen­didi­kan Fisika dan Pen­didikan Khusus. Sebelumnya, STI­KP Adzkia memiliki dua program studi yaitu PGTK dan PGSD yang sudah me­raih akreditasi B.

“Untuk empat jurusan baru ini dalam tahap pen­ga­juan ke Dikti dan Kopertis. Saat ini kami masih me­nung­gu izin dikeluarkan,” katanya kepada Haluan, Senin (8/2).

Nanang sendiri me­nga­ta­kan, untuk penerimaan mahasiswa baru sudah di­mulai sejak awal Februari lalu. Tahun ini STKIP men­yedikan kurang lebih 420 kursi untuk mahasiswa ba­ru. Penerimaan sendiri di­buka melalui empat jalur. Yaitu jalur regular, pe­nu­lu­suran minat dan ke­mam­puan (PMDK) ke masing-masing sekolah, jalur bidik manja dan jalur prestasi. Khusus penerimaan melalui bidik manja, STIKP meng­gratiskan biaya kuliah hi­ngga tamat dan men­dapat­kan jaminan bekerja usai tamat. Beasiswa bidik manja sendiri diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Sementara untuk jalur prestasi, akan didiskon ua­ng pembangunan sampai 80 persen dan melalui jalur PMDK diskon uang pem­bangunan sampai 50 persen. Untuk jalur prestasi tidak terbatas di bidang akademik saja, tapi prestasi di luar akademik seperti di bidang kesenian, olahraga juga bisa diterima,” terang Nanang.

Adzkia memulai ki­pra­h­­nya di bidang pendidikan sejak tahun 1988. Dimotori oleh  Irwan Prayitno (Gu­be­rnur Sumbar terpilih 2016-2021) yang waktu itu baru lulus dari jurusan Psi­kologi Universitas In­do­nesia. Bersama beberapa orang teman, mem­beri nama lembaga ini deng­an nama Yayasan Pen­didi­kan Islam Cendikia (YPIC) Adzkia. YPIC Adzkia me­mulai kiprahnya dengan mendirikan bimbingan be­lajar dan langsung men­dapat perhatian masyarakat. Tahun 1990 Adzkia mem­buka Taman Kanak-Kanak Adzkia yang sampai se­ka­rang berkembang menjadi tujuh cabang yang tersebar di Kota Padang, Bukittinggi dan Payakumbuh. Melihat kebutuhan masyarakat ter­hadap ketersediaan guru TK yang profesional, di­diri­kan­lah PGTK bersama PG­SD dalam sebuah nauangan STKIP Adzkia. (h/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 November 2016 - 00:45:34 WIB

    Mahasiswa Jerman Akhiri Magang di STKIP PGRI Sumbar

    Mahasiswa Jerman Akhiri Magang di STKIP PGRI Sumbar PADANG, HALUAN — Se­lama tiga bulan belakangan, mahasiswi asal Jerman Lisa Macheleidt belajar di STKIP PGRI Sumbar. Kegiatan ma­gang Lisa ini dibiayai oleh pemerintah Jerman melalui beasiswa DAAD RISE. Selama magang di ST.
  • Jumat, 04 November 2016 - 00:26:51 WIB

    Simpang STKIP PGRI Sering Macet

    PADANG, HALUAN — Tradisi ang­kutan Kota (angkot) ngetem yang menyebakan kemacetan ternyata susah dihilangkan. Saat ini, keluhan pengendara jalan me­muncak akibat angkot beramai ngetem menunggu penumpang di simpang Jalan S.
  • Senin, 10 Oktober 2016 - 02:19:07 WIB

    STKIP PGRI Sumbar Akan Sediakan Asrama bagi Mahasiswa

    STKIP PGRI Sumbar Akan Sediakan Asrama bagi Mahasiswa PADANG, HALUAN — Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pen­didikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat berencana membangun as­rama bagi mahasiswanya. Saat ini di lahan seluas 1,8 hektare telah dimulai pembangunan convention hall, dan .
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 11:25:25 WIB

    STKIP Juara Tata Kelola Keuangan Terbaik

    STKIP Juara Tata Kelola Keuangan Terbaik PADANG, HALUAN—Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumbar juara tata kelola ke­uangan terbaik yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah X. Bendahara di bagian BAUK Vina Yolanda yang mewakili STKIP dal.
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 13:08:11 WIB

    Dosen Muda STKIP PGRI Sumbar Terima Pelatihan AA

    PADANG, HALUAN —Seko­lah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat mela­kukan pelatihan Applied App­roach (AA) bagi 48 dosen mudanya. Program ini meru­pakan program pelatihan yang dapat dimanfaatka.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]