KI Targetkan Perguruan Tinggi Islam Sumbar Juara


Selasa, 09 Februari 2016 - 10:07:17 WIB

PADANG, HALUAN — Ke­tua Komisi Informasi (KI) Sumbar Syamsurizal, me­nar­getkan IAIN Imam Bon­jol Padang meraih pe­ring­kat terbaik dalam kategori perguruan tinggi negeri dan swasta untuk pe­me­ri­ng­katan nasional tentang Ke­ter­bukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2016.

“Alasan KI menargetkan lembaga perguruan tinggi Islam negeri satu-satunya di Sumbar kali ini sangat rasio­nal. Dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Komisi Informasi Sumbar be­be­rapa waktu lalu, lembaga ini  berhasil meraih pe­ring­kat 2 (dua) dalam pe­nge­lolaan keterbukaan in­for­masi publik kategori perguruan tinggi negeri dan swasta berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2004 ten­tang KIP dan peringkat pertama didapatkan oleh Unand,” ucapnya saat ber­temu Rektor Dr H Eka Putra Wirman, MA di ruang kerjanya pekan lalu di­dam­pingi tim pelaksana pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID).

Syamsurizal menga­ta­kan, hal ini bisa terwujud dengan menyempurnakan penge­lo­laa­n informasi saat ini yang belum maksimal. Untuk hal ini, KI akan turut membantu penyempurnaan tersebut.

“Misalnya akan ada pen­yamaan visi dan persepsi di tingkat pimpinan mulai dari Rektor, Warek dan Dekan hingga pihak-pihak lainnya di lembaga ini. Pembicaraan itu akan dilakukan di bulan Februari tahun 2016. Ka­rena, bagaimana pun proses ini harus dijalankan secara profesional dan pro­por­sio­nal,” sebut Syamsurizal.

Rektor Eka Putra Wir­man, mengakui kalau tugas yang diemban oleh KI Sum­bar saat ini jelas membantu tugas lembaga pe­me­rinta­han dan lembaga lainnya. Karena, dengan makin gen­car­nya menyuarakan peran penting dari KIP ini, akan banyak dampak positifnya bagi lembaga tersebut.

“Misalnya, peluang ko­rup­si dan kolusi akan bisa dihindari. Karena, semua anggaran belanja dan peng­gunaan­nya berjalan secara transparan dan akutanbel. Saling curiga pun akan hi­lang bagi setiap lembaga dalam memanfaatkan ang­garannya. Itu salah dampak positifnya. Atau bisa dikata­kan betul-betul terbuka dan dapat diper­tang­gung­jawab­kan,” ucap Eka.

Selain itu, target yang akan dicapai oleh KI agar lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam negeri ma­suk nominasi untuk kla­si­fikasi nasional dibawah bi­na­an komisi informasi adalah sebuah langkah po­sitif. Ka­re­na kalau IAIN IB Padang dan pendidikan tinggi lainnya bisa ber­kip­rah maka nama Sum­bar akan dipertimbangkan bany­ak orang. (h/rel/vie)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]