Hanya Berselang 10 Hari

Tebing Jalan Panta – Sianok Ambruk


Selasa, 09 Februari 2016 - 10:28:42 WIB

Agam, Haluan — Tebing bekas longsor di Sungai Jariang, Kecamatan Ampek Koto, diruas jalan Panta - Sianok kembali ambruk, Senin (8/2) kemarin.

Hal ini terjadi usai hujan lebat terjadi di kecamatan ini selama dua hari berturut-turut.

Kasi PMN Kantor Ca­mat Ampek Koto, Neti Han­do, yang meninjau lokasi kejadian pada hari Senin (8/2) menyebutkan, tebing ini sudah rapuh sejak Minggu (31/1) lalu. Ambruknya te­bing ini, dikatakan Neti, mengaki­batkan rumah milik Dahniar dan badan jalan tertimbun hampir sepanjang 55 meter dengan ketinggian 13 meter.

“Setelah tanah long­so­ran dibersihkan dengan meng­gunakan alat berat pada Minggu (7/2), arus lalulintas kendaraan roda dua maupun roda empat sudah lancar kembali. Na­mun pada hari Senin pagi ini, tebing kembali ambruk. Kendaraan memang masih bisa melewati jalan ini, na­mun kendataan yang melin­tas ini harus bersusah payah dulu dan dibantu oleh pe­muda setempat untuk bisa terbebas dari onggokan lum­pur. Alat berat juga masih siaga di lokasi,” kata Neti.

Dikatakannya, tebing yang longsor pada ruas jalan Panta - Sianok Minggu (31/1) lalu, terjadi pada dua titik yakni dekat simpang jalan menuju SMAN Ampek Ko­to yang menghancurkan rumah Dahniar dan di Siam­pok yang merobohkan wa­rung kuliner milik Ni Gadih, namun tidak ada korban jiwa.

Ruas jalan Panta - Sia­nok sepanjang 15 kilometer merupakan jalan pintas bagi masyarakat Agam dari wila­yah barat yang hendak ke Bukittinggi. Jalan ini masih berstatus jalan kabupaten dan masih banyak bagian yang sempit, tanjakan dan tikungan tajam serta rawan longsor. (h/ks/hel)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]