Nagari Silokek Masih Terisolir


Selasa, 09 Februari 2016 - 11:06:36 WIB

SIJUNJUNG,HALUAN — Hingga Senin pagi Nagari Silokek, Sijunjung masih terisolasi akibat jalan peng­hubung yang direndam banjir. Hujan turun cukup deras semenjak hari Minggu (7/2) berkibat meluapnya Sungai Batang Sukam.

“Akibat hujan deras yang terjadi semalam tersebut juga me­nga­kibat­kan meluapnya sungai batang kuan­tan, sehingga ribuan warga di nagari Silokek dan nagari Durian Gadang juga terisolasi akibat jalan utama menuju dua nagari tersebut terendam air setinggi kurang lebih satu meter,” ungkap Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan SP.

Pantauan Haluan bersama BPBD Sijunjung yang terjun ke­lokasi Senin pagi,  jorong Koto Panjang nagari Limo Koto, ke­camatan Koto VII, jalan aspal me­ngalami terban dan retak se­panjang 40 meter, sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat karena dikhawatirkan akan mengancam keselamatan pengemudi yang me­lewati jalan tersebut.

Tidak hanya banjir, di beberapa lokasi juga sempat terjadi tanah terbam, seperti jalan kabupaten Untuk an­tisipasi melebarnya re­takan dan long­soran tanah, ke­lompok siaga bencana Koto Panjang menutup bagin tebing dengan terpal untuk mengurangi rembesan air disaat hujan turun kem­bali dan untuk sementara jalan menuju lintas sumatera di alihkan

 Listrik yang mengaliri ribuan rumah di nagari Silokek dan nagari Durian Gadang tersebut juga putus akibat 17 tiang listrik yang berada di jalan Silokek rebah akibat tersapu air luapan sungai tersebut.  Mengingat potensi cuaca masih akan diguyur hujan lebat, BPBD Sijunjung masih meningkatkan kesiapsiagaan petugas di beberapa titik rawan bencana banjir dan longsor. “Perahu kita siagakan di lokasi banjir dan petugas diwajibkan untuk terus berkoordinasi dengan sesama petugas karena intensitas hujan masih tinggi, potensi bencana harus terus kita waspadai,” tegas Hardiwan lagi. (h/ogi)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]