Di Jorong Cimpago

Warga Miskin Belum Peroleh Raskin


Selasa, 09 Februari 2016 - 11:47:37 WIB

Agam, Haluan —  Ma­sya­rakat tidak mampu di Jorong Cimpago, Kenagarian Malalak Utara, mengeluhkan pen­di­tri­busian beras raskin yang dinilai tidak tepat sasaran. Tidak sedikit dari pemegang kartu perlindangan sosia (KPS) yang belum mendapatkan bantuan raskin di nagari tersebut.

Di Nagari Cimpago cukup banyak masyarakat yang patut, tapi tidak mendapatkan raskin. Belum lagi masyarakat di Jo­rong lain di Kenagarian, mau­pun kecamatan lain. Pe­me­rintah nagari maupun jo­rong, diminta harus lebih selektif memberikan hak masyarakat.

Masyarakat yang terpantau tidak mendapatkan beras ras­kin, justru mereka yang se­pantasnya mendapatkan ban­tuan, seperti halnya Suarni (70). Dia hanya hidup berdua dengan suaminya yang sudah mengalami struk, satu anaknya sudah meninggal sementara dua lagi masih menyabung nasib di negeri orang.

Begitu juga dengan Besriati, ia tinggal dengan anaknya di rumah petak yang sangat kecil. Semenetara ada masyarakat yang tidak patut bisa men­dapatkan berkarung-karung beras raskin. Hal ini juga sudah menjadi pergunjingan di tengah masyarakat.

Pemegang Kartu Per­lin­da­ngan Sosia (KPS) Jorong Cim­pago, Kenagarian Malalak Utara, Suarni, Sabtu (7/2) me­ngaku, tidak mendapatkan beras raskin yang di peruntukan bagi keluarga yang mendaptkan perlindungan sosial. Ia tidak bisa berbuat apa-apa karena beras pendistribusian tersebut merupakan kewenangan peme­rintah nagari. “Walaupun butuh tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa. Kadang kami hanya men­dengar beras sudah habis. Se­mentara untuk berebut dengan masyarakat lain saya tidak kuat. Kami sudah sangat tua, tidak bisa terlalu ngotot untuk men­dapatkan,” katanya.

Sementara masyarakat lain yang tidak mendapatkan, beras raskin, Besriati mengatakan, ia tidak tahu bagaimana sampai tidak dapat. Padahal ia juga pemegang kartu perlindungan sosial. Mereka sangat ber­syukur sekiranya mendapatkan bantuan itu, apalagi saat ini kehidupan sedang sulit.

Sementara itu Wali Jorong Cimpago, Kenagarian Malalak Utara, Nurlis Hadi saat di­hubugi tidak menjawab. No­mor yang dituju masuk namun yang bersangkutan tidak me­ngangkat teleponnya. (h/yat)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]