Hujan Guyur Sumbar Hingga Akhir Februari


Selasa, 09 Februari 2016 - 14:23:08 WIB
PADANG, HALUAN – Badan Me­te­o­rologi Klimatologi dan Ge­ofisika (BMKG) Ketaping, Pa­dang kembali menegaskan hujan yang mengguyur wilayah Sumbar bu­lan Februari ini di luar prediksi, mengingat dari perkiraan se­belum­nya bulan ini sudah me­masuki musim kering. Diprediksi kondisi ini masih akan terus berlangsung hingga akhir bulan ini.
 
Kepala Seksi (Kasi) BMKG, Ketaping Padang, Budi Iman Samiaji kepada Haluan di Padang Selasa (9/2) siang menuturkan, hujan yang mengguyur Sumbar dari beberapa hari belakangan sudah terbilang ekstrim hingga menyebabkan ban­jir dan longsor. BMKG memprediksi bulan Februri, Sumbar memasuki musim kering tapi malah hujan.
 
Budi menambahkan, dua hari ke depan wilayah Sumbar masih akan diguyur hujan dengan inten­sitas sedang hingga lebat. Namun, sudah cenderung menurun di­ban­ding dengan kondisi pada hari sebelumnya.
 
Hal senada juga dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Zulfiatno Selasa (9/2) siang bahwa, cuaca hujan yang mengguyur Sumbar dengan intensitas tinggi telah berlangsung dari Januari lalu dan diprediksi akan berlangsung hingga akhir Februari mendatang.
 
“Berdasarkan prediski BMKG tentang intensitas hujan yang masih tinggi di Sumbar, kita telah mengirim surat ke BPBD daerah agar bersiaga dan mempersiapkan diri menghadapi bencana,” terangnya.
 
Selain itu kata Zulfiatno, BPBD Sumbar juga telah meminta bantuan kepada tim kebencanaan daerah yang tidak terdampak agar bisa memberikan bantuan untuk daerah terdampak bencana. Seperti dari Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kota Padang.  “Sejauh ini Kota Padang telah mengirim tim reaksi cepat (TRC) ke Kabupaten Solok Selatan yang berjumlah 10 orang. Mereka membawa logistik untuk masyarakat di sana,” ujarnya. (h/isr)
 
 
 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]