4 Pelaku Ranmor Dibekuk


Selasa, 09 Februari 2016 - 14:39:06 WIB

PASAMAN BARAT, HALUAN — Lagi, Sat Reskrim Polres Pasaman Barat (Pasbar) berhasil membekuk 4 orang spesialis pencuri motor saat melakukan aksinya di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, pada Minggu (7/2). Keempat pelaku yaitu, Riko (25), Givar (28), Lamson (23), dan Aprizal (29), semuanya berasal dari Ujung Gading.

Kapolres Pasbar, AKBP Toto Fajar Ptasetyo didampingi Kasat Reskrim AKP Arie Sulistyo Nugroho S.Ik kepada Haluan Senin,(8/2) mengatakan, dua orang pelaku yaitu, Riko dan Givar sempat dihakimi masa yang sudah tidak tahan dengan perbuatan yang dilakukannya. “Beruntung kedua tersangka dengan cepat dapat diama­nakan pihak kepolisian,” katanya.

Sementara tersangka Lamson dan Aprisal, ditangkap di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, setelah dilakukan pengembangan lebih lanjut dari dua orang pelaku yang berhasil diamankan lebih dulu.

Ia menjelaskan, penangkapan berawal dari adanya laporan dari korban yang mengatakan telah kehilangan sepeda motor Yamaha Mio miliknya. Ternyata pada saat itu, ada beberapa masyarakat yang merasa curiga dan melihat aksi dari pelaku.

Disaat itu lah, warga melakukan penge­jaran terhadap pelaku bersama dengan anggota Polres Pasbar. Sempat terjadi kejar-kejaran dengan pelaku selama dua jam. Namun akhirnya, pelaku menyerah dan mendapat amukan masa yang membuat kedua palaku babak belur.

“Keduanya langsung kita amankan ke Mapolres Pasbar guna mengantisipasi emosi warga yang tak terbendung,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim AKP Arie Sulistyo Nugroho SIK mengatakan, setelah pihaknya mengamankan dua orang pelaku, pihaknya segera melakukan pe­ngem­bangan dan berhasil menangkap dua orang tersangka lagi yakni, Lamson (23) dan Aprizal (29).

“Kedua tersangka, Lamson dan Aprizal kita tangkap Di Ujung Gadiang Pasbar,” kata Arie. Dikatakan Arie, dalam melan­carkan aksinya, ke empat pelaku ini, masing-masing memiliki peran yang ber­beda-beda, ada yang jadi eksekutor dan juga ada selaku pengintai. Untuk melancarkan aksinya, mereka dibekali dengan sebuah kuci T yang sudah mereka tipiskan sehingga mudah untuk membobol kunci sepada motor yang kan mereka curi,” terang Arie.

Salah seorang pelaku, Riko mengatakan, dia sudah lama menjalankan aksinya, namun baru kali ini yang berhasil ditangkap oleh polisi. “Setidaknya sudah 16 unit sepeda motor dari berbagai merk yang berhasil saya curi. Barang tersebut saya jual di seputaran Pasbar dan Sumatera Utara,” katanya.

Atas perbuatan keempat Pelaku ini, meraka akan di kenalan Pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman sekitar 5 tahun penjara. (h/mg-fad)

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 21:14:20 WIB

    41 Kasus Positif Covid-19 Tercatat di Sumbar Hari Ini, Berikut Rincian Daerahnya

    41 Kasus Positif Covid-19 Tercatat di Sumbar Hari Ini, Berikut Rincian Daerahnya HARIANHALUAN.COM - Pada momen Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, penambahan kasus positif Covid-19 di Sumbar mengalami peningkatan signifikan, sebanyak 41 kasus dilaporkan pada Jumat (31/7/2020)..
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 12:23:09 WIB

    Suasana Idul Adha, Sumbar Laporkan 40 Kasus Positif Covid-19

    Suasana Idul Adha, Sumbar Laporkan 40 Kasus Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Momen suka cita Idul Adha 1441 Hijriah membawa berita yang mengejutkan bagi masyarakat Sumatra Barat.  Seperti yang dilaporkan oleh Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, sebanyak 40 orang diny.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 18:04:40 WIB

    Hingga Juni, PLN Miliki 2.974 Bidang Tanah di Sumbar

    Hingga Juni, PLN Miliki 2.974 Bidang Tanah di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendukung komitmen PT PLN (Persero) memenuhi target sertifikasi seluruh asetnya yang ada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) paling lambat tahun 2021. Hal tersebut mengemuk.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 21:18:53 WIB

    Enam Pasien Covid-19 Sembuh di Sumbar, Ada Bocah 4 Tahun

    Enam Pasien Covid-19 Sembuh di Sumbar, Ada Bocah 4 Tahun HARIANHALUAN.COM - Sebanyak enam orang pasien Covid-19 dinyatakan sembuh berdasarkan konversi negatif yang dilakukan oleh laboratorium penanganan virus corona Sumbar, seorang diantaranya adalah anak perempuan berumur empat ta.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 22:28:26 WIB

    Operasi Patuh Singgalang 2020 di Payakumbuh 'Makan Korban' 40 Pengendara

    Operasi Patuh Singgalang 2020 di Payakumbuh 'Makan Korban' 40 Pengendara HARIANHALUAN.COM - Satuan Lalulintas Polisi Resor Payakumbuh menilang setidaknya 40 orang pelanggar lalulintas jalan raya. Puluhan pengendara yang ditilang tersebut, terjaring saat hari pertama Operasi Patuh Singgalang 2020 i.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]