Akibat Arus Deras Batang Sinamar

Jembatan Gantung Ambruk


Rabu, 10 Februari 2016 - 16:06:10 WIB
Jembatan Gantung Ambruk Pj.Bupati Tanah Datar Sudirman Gani bersama anggota Muspida dan SKPD terkait, meninjau lokasi jembatan yang putus akibat meluapnya Batang Sinamar. EMRIZAL.

BATUSANGKAR, HALUAN – Sebuah jembatan gantung penyeberangan warga di Nagari Taluak menuju wilayah Nagari  Koto Panjang, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, putus akibat derasnya arus air Batang Sinamar, Selasa 9/2.

Atas laporan warga setempat, Selasa (9/2) kemarin, Pj.Bupati Tanah Datar Sudirman Gani bersama anggota Muspida langsung meninjau lokasi ambruknya sarana transportasi warga Nagari Taluak tersebut.

“Jembatan ini sangat kami butuhkan, ekonomi kami sangat tergantung dengan keberadaan jembatan untuk menuju lahan kebun karet yang ada di seberang sana”, tutur Amir, salah seorang warga setempat kepada Pj.Bupati Sudirman Gani.

Kepala BPBD Tanah Datar Mukhlis yang juga ikut bersama rombongan Bupati menyebutkan, akibat hujan yang cukup lebat sejak Sabtu lalu, menimbulkan sejumlah bencana pada beberapa lokasi, seperti tanah longsor menimpa ruas jalan raya di Kecamatan Tanjung Baru.

“Ruas jalan raya Batusangkar menuju Bukittinggi, tepatnya di Nagari Tabek Patah tersebut, sempat putus total selama dua jam. Jalan kembali dibuka setelah menyingkirkan material tanah yang menimpa badan jalan itu menggunakan eskavator Dinas PU dan relawan BPBD,” tuturnya.

Sementara jembatan penyeberangan yang ambruk, terbawa arus deras sungai Batang Sinamar. Pihak Dinas PU Kab. Tanah Datar yang berkoordinasi dengan Pemerintahan Nagari Taluak beserta anggota Muspika setempat, dalam waktu dekat akan mengupayakan pembangunannya kembali.

Sehingga sarana trasportasi warga menuju kebun karet yang merupakan andalan ekonomi warga setempat, dapat secepatnya teratasi dan warga yang kini sudah tak bisa lagi mmenuju lahan garapannya dapat ditanggulangi secepatnya. ( h/emz )

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]