MoU Pemko dan LP2K Sun Marino

25 Siswa Akan Bekerja Keliling Dunia


Kamis, 11 Februari 2016 - 14:23:30 WIB
25 Siswa Akan Bekerja Keliling Dunia PEMBUKAAN DIKLAT-Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah didampingi Oleh Ketua Padang Harneli Mahyeldi Pada pembukaan diklat Sun Marino Indonesia di SMK N 9 Padang, kemarin (10/2).IST

PADANG, HALUAN –Sebanyak 25 siswa yang menimba ilmu di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja (LP2K) Sun Marino Indonesia akan bekerja keliling dunia dan pulangnya akan menjadi pengusaha.

Mereka ditempa terlebih dahulu agar nantinya mampu menjadi tenaga andal terampil. Seluruh siswa itu mendapat pendidikan dan pelatihan (diklat) di Kampus Sun Marino Padang di SMK 9 Padang, Jalan Bundo Kanduang.

Pada pembukaan diklat angkatan pertama di Kampus Sun Marino Padang, di SMK 9 tersebut, Rabu (10/2), Walikota Padang menyambut baik upaya yang telah dilakukan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIMPI) Kota Padang bersama Dinas Pendidikan serta Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Padang.

Hanya dalam rentang waktu sebulan setelah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemko Padang dengan LP2K Sun Marino, sebanyak 25 siswa sudah disiapkan untuk mengikuti diklat.

“Momen ini mesti dioptimalkan. Karena ke depannya yang dibutuhkan dunia adalah orang-orang yang profesional. Yang memiliki keterampilan dan kemampuan. Sedang yang tak punya apa-apa akan tersingkir. Karena pertarungan saat ini adalah pertarungan kompetensi,” kata Walikota di depan seluruh siswa.

Walikota menyebut, penjaringan tenaga kerja memang suatu hal yang harus segera dilakukan. Sebab saat ini telah begitu banyak tenaga kerja di Sumatera Barat yang perlu dikanalisasi dan diberikan ruang untuk mereka bisa bekerja.  

Manager Sun Marino Indonesia di Padang, Herdinalsky menyebut 25 siswa yang terjaring telah lolos dari proses seleksi. Mereka diantaranya berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat. “Dari 25 orang itu, 14 orang berasal dari Padang dan 9 orang lainnya dari kabupaten / kota di Sumbar,” ungkapnya.

Mereka akan ditempa selama dua bulan di Kota Padang. Setelah itu 25 siswa akan bertolak ke Jogjakarta dan ditempa selama sebulan di sana. Setelah itu, siswa tersebut akan mengikuti training di hotel berbintang lima selama enam bulan. “Dipastikan dalam tahun ini seluruh siswa sudah bekerja,” kata Herdinalsky.

Herdinalsky  menyebut, hampir seluruh siswa sangat berkeinginan bekerja di kapal-kapal pesiar. Kemudian ada juga yang ingin bekerja di hotel berbintang. “Mereka yang ingin bekerja di kapal pesiar itu bertekad untuk menjadi pengusaha,” paparnya.

Herdinalsky memastikan seluruh siswa akan dilatih hingga nantinya dapat bekerja di perusahaan-perusahaan. LP2K Sun Marino menginginkan dalam tahun ini tertampung 1.500 siswa yang bekerja di kapal pesiar.

“Sun Marino tidak akan memotong gaji mereka sepeserpun dan kami berharap kehadiran kami akan mengentaskan pengangguran,” ujarnya.

Sementara, Ketua HIPMI Kota Padang, Richard Erlangga mengajak seluruh siswa agar bersungguh-sungguh. Selama berada di luar nantinya, seluruh siswa supaya mencanangkan sikap ATM, yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi. “Carilah hubungan di sana, buka hubungan dengan pengusaha dan pelajari cara menjadi seorang owner,” ungkapnya.

Richard meyakini seluruh siswa yang terjaring mempunyai bakat lebih menjadi seorang pengusaha. “Selamat berkiprah, tetaplah beribadah. Semoga angkatan pertama ini menjadi tolok ukur nantinya,” ujarnya.

Usai pembukaan diklat, seluruh siswa mendapat tausyiah dari Ketua PKK Kota Padang, Ny. Harneli Mahyeldi. Ketua PKK Kota Padang membekali seluruh siswa cara bersosialisasi dan hidup mandiri.(h/ows)

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 21:39:24 WIB

    Pipa PDAM DN 250 ACP Bocor, Pelayanan Air Bersih di Simpang Kalawi Terganggu

    Pipa PDAM DN 250 ACP Bocor, Pelayanan Air Bersih di Simpang Kalawi Terganggu HARIANHALUAN.COM - Mulai hari ini, Kamis (18/6/2020), Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang melalukan perbaikan terhadap kebocoran pipa distribusi DN 250 ACP yang tertanam di Kampung Kalawi di depan konter ha.
  • Senin, 13 April 2020 - 18:12:57 WIB

    Ulah Virus Corona, 250 Musisi di Kota Padang Kehilangan Pekerjaan

    Ulah Virus Corona, 250 Musisi di Kota Padang Kehilangan Pekerjaan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Adanya kebijakan dari pemerintah untuk menghindari kerumunan demi pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, rupanya sangat berimbas bagi sejumlah pelaku seni hingga artis Minang di Kota Pad.
  • Jumat, 28 Desember 2018 - 10:25:40 WIB

    Pergantian Tahun Baru di Padang, 25.000 Orang Bakal Padati Pantai

    Pergantian Tahun Baru di Padang, 25.000 Orang Bakal Padati Pantai PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Objek wisata Pantai Padang masih menjadi pilihan utama pengunjung yang menghabiskan liburan Natal dan pergantian tahun baru di Kota Padang..
  • Jumat, 09 November 2018 - 15:00:37 WIB

    Baru 25 Persen Petani di Padang yang Asuransikan Lahan

    Baru 25 Persen Petani di Padang yang Asuransikan Lahan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kurang lebih dua hektare sawah terdampak banjir yang terjadi pada Jumat (2/11). Dinas Pertanian Padang mengatakan, lahan yang terkena banjir itu hanya di Kecamatan Lubuk Kilangan. Dinas akan memberi.
  • Jumat, 26 Januari 2018 - 22:02:22 WIB

    Direncanakan Enam Koridor, Trans Padang Idealnya 254 Unit

    Direncanakan Enam Koridor, Trans Padang Idealnya 254 Unit PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perhubungan Dedi Henidal menyampaikan, angkutan massal Bus Trans Padang secara keseluruhan harusnya berjumlah 254 unit armada untuk enam koridor. Namun, yang terealisasi hingga saat ini.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]