Pj Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Tinjau Lokasi Bencana


Kamis, 11 Februari 2016 - 14:36:05 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN - Penjabat (Pj) Bupati Limapuluh Kota, H Yendri Tomas, dan Wakil Bupati terpilih, Ferizal Ridwan, meninjau lokasi bencana alam di Kecamatan Lareh Sago Halaban, Selasa (9/2). Keduanya berharap agar seluruh korban banjir bisa ditangani dengan serius, baik itu masalah tempat penampungan sementara, kecukupan logistik dan mewaspadai ancaman penyakit pasca bencana.

Saat berada di pengungsian warga di Jorong Padang Balimbiang, Nagari Bukik Sikumpa, Yendri membagikan bantuan sejumlah bahan makanan sembari menyarankan agar para korban untuk tetap bertahan di lokasi penampungan sebelum banjir benar-benar telah surut. “Kendati air sudah surut, bukan berarti bencana sudah usai. Sebaliknya, masih akan ada sejumlah ancaman penyakit seperti diare, demam, penyakit kulit, gatal-gatal dan lainnya mengancam dan perlu diaspadai,” ujar Yendri.

Terkait dengan ancaman penyakit itu, ia mengaku sudah mengerahkan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan dan dokter untuk turun ke lokasi bencana. “Kita harus mengantisipasi kemungkinan munculnya penyakit pasca bencana alam tersebut. Saya sudah memerintahkan tenaga kesehatan ke lapangan,” katanya .

Yendri menyebut, sehari sebelumnya, Senin (8/2), ia juga sudah meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pangkalan. Dalam kesempatan itu, ia sempat bertemu dengan anggota DPD RI Ema Yohana dan sama-sama berkeliling lokasi bencana dengan menggunakan mesin boot sekaligus memberikan bantuan. “Selain itu, anggota DPD RI itu juga berjanji akan menurunkan mobil dapur ke lokasi lokasi bencana,” sebutnya.

Sementara itu, Camat Lareh Sago Halaban, Muftil Wahyudi dan anggota DPRD dari wilayah pemilihan Lareh Sago Halaban, Virmadona kepada sejumlah wartawan menjelaskan, di kecamatan ini banjir merendam ratusan hektare areal pertanian dan 36 rumah di Jorong Padang Balimbiang, Nagari Bukik Sikumpa serta 3 rumah di Jorong Kubang Rasau, Nagari Balai Panjang. “Sedikitnya 150 orang warga terpaksa harus mengungsi ke penampungan sementara di musala di Jorong Padang Balimbiang ini,” pungkas Muftil. (h/zkf)

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]