Duka Nagari Luak Kapau

Korban Banjir BelumTerima Bantuan


Kamis, 11 Februari 2016 - 17:11:39 WIB
Korban Banjir BelumTerima Bantuan

SOLSEL,HALUAN-Kondisi warga di Nagari ,Kecamatan Alam Pauh Duo  sangat merenyuhkan hati.  Mereka belum juga mendapatkan bantuan,  pasca  bencana banjir bandang yang melanda daerah itu. Sementara air banjir  yang  cukup  deras masih terus mengalir  di permukiman warga.

 

Baca Juga : Masyarakat Nagari Sikucua Barat Dialogkan Hal-hal Penting dengan Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa

Hasil pantauan Haluan dilokasi tersebut, Rabu  (10/2), kondisi  rakyat korban bencana sangat memprihatinkan, apa lagi  ratusan hektar sawah siap panen habis disapu air bah. Entah  dengan apa  mereka  makan.   ""Mau diapakan, kami belum mendapatkan bantuan," kata sejumlah warga yang kena musibah di daerah itu, kemarin.

Sebuah rumah semi permanen milik Jalius (46)  tampak  hampir jatuh ke dalam sungai  atu masih tergantung. Sementara  di sisi lain,  air deras masih mengalir di bawah rumah tersebut.  Pemilik rumah tidak berani lagi masuk ke dalam rumah.  "Tidak hanya ternak dan harta benda,   bahkan  enam buah kuburan keluarganya juga hanyut. 40 batang kelapa  tumbang disapu banjir,"  kata Jalius.

Baca Juga : Jadi Ketua LKAAM Kota Pariaman, Genius Umar: Ayo Bangkitkan Kembali Nuansa Adat yang Berlandaskan Agama

Wali Nagari Luak Kapau, Syahibul Izar yang saat itu berada dilokasi bencana mengakui, banyak warganya yang kecewa lambatnya penanganan serta bantuan.

Kepala Dinas Sosial Solsel, Zulkarnaini mengakui lambatnya penanganan dan pendistribusian logistik kepada masyarakat."Kita mengalami kendala keterbatasan personil," tutupnya.

Baca Juga : Pelaku Budidaya Perikanan Air Tawar di Kota Pariaman Keluhkan Serangan Hama

 

Listrik Pudur

Baca Juga : Birokrat Senior dan Pamong Berprestasi Jadi Kepala Daerah di Padang Pariaman

Sementara itu listrik  PLN yang mengaliri rumah masyarakat di Solok Selatan terpaksa  pudur   sejak Rabu (10/2) dini hari,   sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Manejer PLN Rayon Muara Labuh, Rudi Hamiri mengatakan penyebab akses listrik tidak mengalir di Solsel adalah karena kerusakan tiang listrik dan beberapa peralatan milik PLN di Lolo Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok akibat longsor. "Saat ini kami tengah memperbaiki infrastruktur PLN yang rusak akibat longsoran dan dampak pemadaman mulai dari Kecamatan Pantai Cermin hingga seluruh Solsel. Untuk penormalan akses belum bisa diprediksi,"katanya ketika dihubungi Haluan.

Akibat longsoran akses jalan dari Padang menuju Kerinci dan sebaliknya putus total sejak Selasa,(9/2) sehingga kendaraan terpaksa memutar balik dan macet puluhan kilometer pun tak terelakkan. "Saya terpaksa tidak jadi berangkat menuju Padang dari Solsel, akibat jalan putus," kata Anton seorang sopir Travel.  (h/jef)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]