Kecelakaan Maut di Jalinsum Guguk

Anggota Satpol PP yang Baik Hati Itu, Kini Telah Pergi


Jumat, 12 Februari 2016 - 04:02:11 WIB
Anggota Satpol PP yang Baik Hati Itu, Kini Telah Pergi PULUHAN anggota Satpol PP Kab. Solok dan Kota Solok memberikan penghormatan terakhir mengiringi kebePULUHAN anggota Satpol PP Kab. Solok dan Kota Solok memberikan penghormatan terakhir mengiringi keberangkatan terakhir Mitra Wijaya yang tewas pada kecelak

Kecelakaan maut di jalan lintas Sumatera (Jalin­sum) di kawasan Nagari Koto Gadang Guguak, Ke­ca­matan Gunung Talang, Rabu (10/2), yang berujung tewasnya Mitra Wijaya (28) salah seorang personil pro­vost Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabu­paten Solok telah mening­galkan luka mendalam. Tak hanya di keluarga besar Sat­pol PP Kab. Solok, na­mun juga bagi keluarga kor­ban.

Betapa tidak,  Mitra yang merupakan anak su­lung dari enam bersaudara pasangan Masril Dt Tan Aceh Malin Panjang dan Eriwati ini terkenal dengan pribadi yang santun dan periang. Namun pagi itu, tak ada yang menyangka Mitra atau biasa disapa Emit ini akan pergi begitu cepat, bahkan dengan cara yang mengenaskan dan tak lazim seperti ini.

Seperti biasa, Mitra pagi itu menjalankan rutinitas menuju Kompleks Kantor Bupati Solok di kawasan Arosuka. Tak ada yang jang­gal sebelum keberang­katan­nya, bahkan pada hari-hari sebelumnya, Emit juga ma­sih bercanda dengan teman-temannya di pos Pol PP kediaman Wakil Bupati Solok, tempat Emit biasa menjalankan tugas piket.

Salah seorang senior Emit di unit Provost Satpol PP Kab. Solok, Adek Ro­sian menyebutkan, jalur yang ditempuh Emit pagi itu bukanlah jalur yang biasa dilaluinya ketika berangkat kerja. Karena biasanya, dari kediamannya di Naga­ri Su­ngai Janiah, pria yang juga mantan atlet sepak bola Kab. Solok ini memilih jalan pintas, melalui jalan per­kam­pungan hingga keluar di Samping Resto Sari­mang­gis. “Kita bukan me­ngait­kan masalah, namun biasanya dia lewat jalur belakang Sari Manggis. Bia­sa­nya juga tak sepagi ini, karena rumah Wabup be­lum ditempati oleh Wabup yang baru. Tapi, itu lah rencana tuhan,” kata Adek.

Kabar kecelakaan yang terjadi sekira pukul 07.30 WIB itu, langsung me­nye­bar cepat. Karena para kar­yawan dan pegawai yang melintasi daerah itu lang­sung mendapat informasi dari warga terkait adanya anggota Satpol PP Kab. Solok yang ikut menjadi korban kecelakaan. Nama pengenal Mitra Wijaya yang melekat di dada baju dinas Emit, merupakan informasi awal bagi warga.

Hanya beberapa menit pasca kejadian, orangtua Emit yang sehari-hari ber­jualan kopi dan sarapan pagi di Samping Balai Adat Na­gari Koto Baru, langsung mendapat informasi terkait kejadian naas ini. Kedai yang biasa menjadi tempat mangkal warga pagi itu sontak geger, sementara kedua orangtua Emit lang­sung shock mendengar keja­dian itu. “Kami berusaha menenangkan orangtuanya dan mengajaknya untuk me­li­hat kondisi Emit yang pagi itu telah dibawa ambulan ke RSUD Arosuka,” kata Er­wan Sari Dt Gamuk, yang pagi itu kebetulan ngopi di warung Masril.

Erwan menceritakan, sepanjang perjalanan Masril terlihat begitu terpukul, terlebih ketika melintasi kawasan yang menjadi loka­si kecelakaan maut itu. Masril sempat histeris keti­ka melihat mobil yang ter­balik dan membayangkan besarnya mobil itu yang melindas tubuh putranya. Sementara Eriwati, terlihat tenang sese­kali menyeka air mata yang terus keluar.

Usai diselenggarakan dan dikafani di RSUD Aro­suka, jenazah korban lang­sung dibawa keluarga ke rumah istrinya, Ulva di Nagari Sungai Janiah, Keca­matan Gunung Talang. Ulva yang tengah hamil tua 8 bu­lanan, terlihat shock keti­ka jenazah korban diantar oleh puluhan aparat Satpol PP yang berseragam leng­kap.

Sementara itu, kedua orangtua Mitra terlihat juga tak mampu menutupi kese­dihannya.  Keduanya terli­hat diam, sesekali menyeka air mata yang tak mampu dibendung. Kesehariannya, Emit dikenal sebagai pri­badi yang santun dan patuh kepada orangtua. Meski telah berkeluarga, namun ketika pulang menjenguk orangtuanya, Emit kerap membantu orangtuanya yang berjualan, seperti me­ngang­kut air menggunakan jerigen. “Dia anak yang santun dan patuh kepada orangtua. Tapi itulah takdir Allah, kita mesti pasrah menerimanya,” kata Masril tak mampu me­nyem­bu­nyi­kan kesedihannya.

Hal yang sama juga di­ungkapkan mantan Kasat­pol PP Kab. Solok, Efriadi. Menurutnya, sebagai ang­gota inti Satpol PP Kab. Solok, Mitra dikenal seba­gai pribadi yang disiplin dalam tugas. Melihat kepri­badiannya itu, Mitra yang sudah 4 tahun  dinas di satuan polisi penegak Perda ini diangkat sebagai anggota inti unit Provost Satpol PP Kab. Solok. “Dia anak yang santun dan disiplin, tidak banyak bicara, tapi banyak kerja. Kita merasa kehi­langan,” kata Efriadi, yang kini menjabat sebagai staf ahli bupati bidang ekonomi pembangunan ini.

Usai disemayamkan dan dishalatkan di kediamannya di Nagari Sungai Janiah, jenazah Emit kemudian dibawa ke rumah orang­tuanya di Korong Patapang, Jorong Lubuk Agung, Naga­ri Koto Baru, Kec. Kubung. Ra­tusan pela­yat yang me­ma­da­ti peka­rangan rumah ke­luar­­ga Eri­wati itu juga telah me­nanti. Puluhan anggota Sat­pol PP dari Kab. Solok dan Kota Solok mem­beri­kan peng­hormatan terakhir, je­lang keberangkatan menu­ju tem­pat peristirahatan ter­akhir Emit di pandam peku­buran keluarga di Su­rau Ba­liek, Jorong Lubuk Agung.

“Anggota Provost Satpol PP Kab. Solok yang baik hati itu kini telah pergi,” kata Rik Eifel Putra, teman seangkatan Emit di Satpol PP dengan mata berkaca-kaca. (*)

 

Oleh:
YUTIS WANDI


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 November 2016 - 00:56:17 WIB

    Masih Soal Moral Anggota Dewan

    Sejak sebulan belakangan ini, cerita soal moralitas Anggota Dewan yang Ter­hormat, seakan tak putus-putusnya. Belum tuntas pemeriksaan terkait peredaran video dugaan nyabu dua anggota DPRD Padang Pariaman yang sempat jadi vi.
  • Sabtu, 09 April 2016 - 04:06:01 WIB

    Logika Ekonomi Politik Seorang Anggota Dewan

    Logika Ekonomi Politik Seorang Anggota Dewan "Channel tv ini jangan Selalu menghujat, mereka (baca: anggota dewan) juga manusia”, ujar salah seorang penelpon dalam acara editorial sebuah channel tv yang pada saat itu sedang asyik-asyiknya membahas perilaku anggota dew.
  • Jumat, 08 Januari 2016 - 03:23:38 WIB

    Solidaritas Para Anggota DPRD Pasaman Kepada Tersangka Narkoba

    Sekitar 30 orang anggota DPRD Kabupaten Pa­saman mendatangi Mapolres Pasaman un­tuk membezuk Sy, kolega mereka sesama ang­gota DPRD Pasaman, Kamis (7/1). Sy, kader Partai Demokrat, ditangkap polisi dua hari sebelumnya usai.
  • Rabu, 06 Januari 2016 - 03:12:48 WIB

    Anggota Dewan Nyabu

    Lagi-lagi kasus narkoba menyeret nama pejabat publik. Kali ini pejabat publik itu adalah salah seorang oknum anggota DPRD Kabupaten Pasaman berinisial Sy, dari Dapil Pasaman 2 Lubuk Sikaping. Sy tertangkap tangan usai mengisa.
  • Jumat, 18 Desember 2015 - 03:27:28 WIB
    Irdinansyah Tarmizi

    Eks Anggota DPRD 22 Tahun Pimpin Tanah Datar

    Eks Anggota DPRD 22 Tahun  Pimpin Tanah Datar Niat ingin menjadi dosen, namun terdampar dan sukses di dunia politik. Ya, karir Drs H Irdinansyah Tarmizi sebagai seorang dosen swasta di Universitas Muhammadiyah tidak abadi. Perputaran waktu membawanya untuk menekuni dunia.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM