KPPT Tanah Datar, Lampaui Target PAD


Jumat, 12 Februari 2016 - 10:31:04 WIB
KPPT Tanah Datar,  Lampaui Target PAD

TANAH DATAR, HALUAN — Kantor Pelayanan Pe­r­izinan Terpadu (KPPT) Tanah Datar meraih pen­dapatan daerah pada tahun 2015 mencapai 200 persen.

Pendapatan yang cukup signifikan tersebut me­ru­pakan dari tingginya kesa­daran masyarakat dalam mengurus izin, serta hasil usaha dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan selama ini.

Baca Juga : Polda Sumbar Terima Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI 

Kepala KPPT Tanah Datar, Armen kepada Ha­luan, Kamis (11/2) me­nga­takan, bahwa atas pen­ca­paian target untuk Pen­dapatan Asli Daerah (PAD) Ta­nah Datar di Kantor Pe­layanan Perizinan Terpadu yang mencapai sebesar 200 persen lebih ini atas kesa­daran masyarakat dalam mengurus izin. “Kami me­ngu­capkan terimakasih pa­da masyarakat yang telah melaksanakan kewa­jiban­nya sebagai warga negara dalam mengurus izin usaha dan IMB,” sebut Armen.

Dikatakan, dari target semula sebesar Rp.705 juta, dan ternyata berhasil mem­peroleh pendapatan sebesar Rp.1,4 miliar tahun 2015, ini patut disyukuri, sebut Armen.

Baca Juga : Gubernur Sumbar Sebut Tanaman Serai Wangi Bisa Untungkan Petani

“Sebelumnya hal ini ti­dak terbayangkan oleh ka­mi di KPPT akan dapat perolehan hasil pendapatan ini, berkat kinerja seluruh jajaran KPPT dan kepe­dulian masyarakat ternyata bisa diujudkan,” katanya.

Dari perolehan PAD ter­sebut, diantaranya bersumber dari pengurusan IMB yang cukup besar, yakni terealisasi Rp.1,095 miliar dan dari izin HO senilai Rp.300 juta.

Baca Juga : SE Pemprov Sumbar tentang Salat Tarawih: Berwudu di Rumah Masing-masing, Jangan Bersalaman

Dikatakannya, dari usaha dan kegiatan dalam bentuk sosialisasi dan promosi ten­tang prizinan ini mampu diserap masyarakat. Ma­sya­rakat yang mendirikan ba­ngunan huller memerlukan izin usaha HO setiap lima tahun dan IMB hanya sekali pengurusannya, kecuali bila tak terpakai beberapa tahun akan dicabut dan diulang kembali.

Kepala KPPT, Armen meyakini target pendapatan sebesar Rp.750 juta pada tahun ini optimis bisa te­realisasi dan bahkan bisa melebihi dari angka yang di­tar­getkan tersebut seba­gai­mana tahun lalu, hal ini jika partisipasi dan kesadaran masyarakat tetap tinggi.

Baca Juga : Waspada Potensi Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Samudera Hindia Barat Mentawai

“Saat ini kami berupaya pelayanan terpadu dengan satu pintu bisa dilak­sanakan, di­mana semua SKPD terkait perizinan menempatkan staf­nya pada KPPT, perizinan sebanyak 45 item tersebut bisa dilakukan prosesnya sekali pengurusan, jika hal ini ter­lak­sana, tentu me­nye­nang­kan itu akan membawa dam­pak baik terhadap ma­syarakat ma­sya­rakat,” sebut Armen. (h/fma)

 

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]