12 Kepala Derah Dilantik Hari ini

Pelantikan Muzni Menyusul


Rabu, 17 Februari 2016 - 03:56:35 WIB
Pelantikan Muzni Menyusul Abdul Rahman dan Muzni Zakaria.

12 kepala daerah di Sumbar dilantik hari ini. Setelah itu menyusul pelantikan Bupati Solok Selatan terpilih Muzni Zakaria yang berpasangan dengan Abdul Rahman.

PADANG, HALUAN — Enam gugatan sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) yang diajukan dari Sumatera Barat, tak satupun yang dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Terakhir, gugatan perkara hasil Pilkada Kabupaten Solok Se­latan juga ditolak oleh MK.

MK dalam amar putu­san­nya menyatakan,  menolak permohonan pemohon dalam pokok perkara hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solsel tahun 2015 dengan pemohon pasangan calon Bupati/Wakil Bupati  Khairunas-Edi Su­santo. Putusan ini disampaikan dalam sidang terbuka untuk umum yang diposting pukul 11.02 WIB, Selasa (16/2) kemarin.

Komisioner KPU Sumbar Divisi Hukum, Nurhaida Yetti mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi bahwa gugatan sengketa pilkada di So­lok Selatan ditolak seluruhnya oleh MK. Ia juga mengatakan bahwa ini adalah putusan akhir, bukan putusan dismissal (sela).

Dengan adanya putusan ini, ia mengingatkan KPU Solsel untuk segera menetapkan kepala daerah terpilih satu hari setelah putusan dibacakan. Artinya, paling lam­bat hari ini, Rabu (16/2), pukul 23.59 WIB, Muzni Zakaria dan Abdul Rahman ditetapkan seba­gai pemenang. “Kita bersyukur proses pilka­da di Sumbar, baik itu pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati/walikota berja­lan dengan lancar. Alham­dulil­lah, tidak ada yang dilakukan pemilihan ulang,” tutupnya.

Polisi Siaga

Jelang putusan sangketa pil­ka­da Solsel oleh MK kemarin, Polres Solok Selatan menerjun­kan sebanyak 170 personel da­lam pengamanan.

“ Polres mendatangkan dua pleton Brimob atau sekitar 51 pesonel dan sebagian standby di Makopolres Solsel dan sebagian lagi melakukan patroli,”kata Kapolres Solok Selatan AKBP Ahmad Basahil saat dihubungi, Selasa (16/2).

Sementara, sekitar 119 perso­nil merupakan anggota jajaran Polres Solsel. “Mengingat, hari ini (kemarin red) merupakan penetapan sangketa pilkada Sol­sel, kita melakukan antisipasi secara preventif hal yang tak diinginkan. Tapi, hingga saat ini situasi masih kondusif,”ucapnya.

Ia melanjutkan, untuk penga­manan, beberapa personel dikon­disikan setidaknya di lima titik yakni, Kantor Bupati, Kantor KPU, Panwaslu dan rumah ma­sing-masing pejabat tersebut. Pengamanan diberikan men­dukung kegiatan yang ada di masyarakat. Apapun hasilnya Polres Solsel siap mengamankan kondisi di lapangan. “Yang pasti tugas polisi mengamankan situasi kamtibmas,”tegasnya.

Selain itu, diharapkan seluruh lapisan masyarakat turut mem­bantu situasi kamtibmas yang ada. Karena polri tidak bisa bekerja sendiri. Apalagi untuk proses pesta demokrasi semua­nya telah berjalan. “Mari sama-sama kita ciptakan kamtibmas yang kondusif untuk percepatan pembangunan,” imbaunya.

Sementara iktu, Nof Cawuak seorang masyarakat Solsel meng­harapkan kepala daerah terpilih mampu mewujudkan semua janji kepada masyarakat. “Harapan kami kepada kepala daerah ter­pilih untuk mewujudkan semua janjinya untuk masyarakat,” katanya.

Seribuan Undangan

Seribuan undangan akan me­ma­dati Auditorium, Gubernuran Sumbar hari ini, Rabu (17/2) untuk menyaksiakan pelantikan 12 Bupati/Walikota terpilih. Pelantikan akan langsung di­pimpin oleh Gubernur Irwan Prayitno yang direncanakan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Kepala Biro Umum Set­da­prov Sumbar, Asben Hendri dihubungi Haluan Selasa (16/2) sore mengatakan, kurang lebih akan ada 1.000 undangan yang akan menghadiri upacara pelan­tikan Bupati/Walikota di Audi­torium Gubernuran Sumbar. Namun, undangan yang boleh masuk ke ruang pelantikan diba­tasi sesuai dengan kapasitas auditorium tempat pelantikan.

“Memang kita melakukan pembatasan undangan, dimana satu pasangan Kepala Daerah diberi 63 undangan. Dari 63 ini 23 di antaranya diberi izin masuk ke ruang pelantikan seperti, Bupati/Walikota beserta istri, Penjabat (Pj) Bupati/Walikota beserta istri, KPU, Bawaslu, Muspida dan lima kursi untuk keluarga Bupati/Walikota yang dilantik,” jelasnya di Padang.

Sementara untuk 40 unda­ngan tambahan itu bisa saja berasal dari Satuan Kerja Pe­rangkat Daerah (SKPD) dari masing-masing Kabupaten/Kota yang akan dilantik. “Jadi, totalnya dari Kabupaten/Kota ini sekitar 756 undangan. Jumlah ini nan­tinya juga akan ditambah tamu dari Provinsi seperti dari For­kopimda, tokoh perantau Mi­nang dan dikabarkan juga ada dari DPD yang juga akan hadir,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Mardi mengatakan, dari 13 daerah yang mengikuti Pilka­da serentak, hanya 12 yang  akan dilantik serentak. Sementara Kabupaten Solok Selatan baru akan dilantik Maret mendatang.

Ke-12 kepala daerah yang akan dilantik masing-masing Kabupaten Agam, Solok, Pasa­man, Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Dharmasraya, Pesisir Sela­tan, Sijunjung, Tanah Datar, Padang Pariaman, Kota Bukit­tinggi dan Kota Solok

“Pelantikan akan dilakukan Gubernur atas nama Presiden. Dilantik serentak di auditorium,” ujarnya kepada Haluan Selasa (17/2) sore melalui sambungan telepon di Padang.

Terkait pembatasan udangan Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Irwan mengatakan, pem­batasan dilakukan semata-mata untuk memastikan jalannya pe­lantikan berlangsung khidmat. “Pembatasan jangan diartikan dilarang. Ini hanya untuk me­ngatur agar acara pelantikan bisa berjalan khidmat,” tuturnya. (h/jef/rin/isr)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 11:50:44 WIB

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok PADANG, HARIANHALUAN.COM – Puncak pesta demokrasi masyarakat Kota Padang pada Pilkada serentak lalu digelar besok, Senin (13/5) yaitu pelantikan pasangan walikota terpilih. Panitia pelaksana pelantikan yakni Pemprov Sumbar .
  • Sabtu, 11 Mei 2019 - 21:11:15 WIB

    Pelantikan Mahyeldi – Hendri Septa Digelar Senin Pagi di Aula Gubernuran

    Pelantikan Mahyeldi – Hendri Septa Digelar Senin Pagi di Aula Gubernuran PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 150 undangan tamu untuk menghadiri pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang terpilih, Mahyeldi Ansharullah dan Hendri Septa sudah disebarkan. Pemko Padang mendapatkan jatah 100 undan.
  • Selasa, 16 Februari 2016 - 03:16:50 WIB

    Pelantikan Sekwan Hendaknya Prioritas

    PADANG, HALUAN — Wa­kil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus meminta Gubernur Irwan Prayitno untuk memprioritaskan pe­lan­tikan Sekretaris Dewan (Sekwan) yang defenitif. Menurutnya, hal ini penting untuk kelancaran tugas de­.
  • Rabu, 27 Januari 2016 - 04:44:22 WIB

    Pelantikan 2 SKPD Terhadang Izin

    PADANG, HALUAN — Rencana Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek untuk melantik dua kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hasil seleksi jabatan harus terganjal izin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan r.
  • Selasa, 26 Januari 2016 - 03:54:01 WIB
    Direncanakan Februari 2016

    Pelantikan Gubernur Sumbar Digelar Serentak

    JAKARTA, HALUAN — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjah­jo Kumolo belum bisa memas­tikan waktu pelantikan pasangan calon terpilih Irwan Prayitno – Nasrul Abit (IP-NA) sebagai Gubernur Sumbar periode 2016-2021. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM