DBD Marak di Kuranji

Warga Keluhkan Tak Ada Pengasapan


Jumat, 19 Februari 2016 - 03:39:28 WIB

PADANG, HALUAN — Warga RT 01 RW 02 Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji Padang mengeluhkan puskesmas tidak juga melakukan fogging atau pengasapan seba­gai upaya untuk pemberantasan nyamuk.

Hal tersebut dika­rena­kan, selama tahun 2016 sudah ada enam warga di daerah tersebut yang ter­jangkit penyakit deman ber­darah dengue (DBD), se­hingga diharuskan dirawat di rumah sakit selama satu minggu.

Salah seorang warga yang terkena penyakit DBD, Rini (34) mengaku setelah keluar dari rumah sakit melaporkan hal tersebut kepada pihak kelurahan dan meminta segera untuk me­nindaklanjuti hal tersebut, agar korban tidak bertam­bah.

“Sudah dari hari Jumat kemarin saya melaporkan kepada pihak kelurahan, akan tetapi hingga saat ini masih saja belum ada tindak lanjutnya,” katanya.

Ia menceritakan karena tetap tidak ada tanggapan atas laporan hari jumat, ia kembali mendatangi kantor lurah pada hari Selasa ke­maren untuk menanyakan kepastian mengenai kapan akan dilakukan fogging.

“Saat ditemui kemaren, pihak lurah sudah meng­hubungi puskesmas untuk melakukan fogging dan ber­janji akan melakukannya pada hari itu (Selasa), akan tetapi hingga sore tetapi tidak dilakukan,” jelasnya.

Pada hari Selasa sore, sekitar empat petugas Pus­kesmas Belimbing me­mang mendatangi kawasan ter­sebut, namun bukan untuk melakukan fogging, hanya untuk mendata berapa jum­lah yang terkena DBD.

Pihak puskesmas ter­sebut beralasan, bahwa per­lengkapan dan alat mereka kurang, sehingga belum bisa dilakukan fogging.

“Petugas puskesmas me­nyarankan untuk memakai abate, akan tetapi itu hanya untuk membunuh jentik nyamuk, bagaimana dengan nyamuk yang sudah besar,” kata rini.

Rini berharap peme­rintah melalui puskesmas ataupun pihak kesehatan lainnya cepat tanggap ter­hadap kasus DBD ini, ka­rena virus dengue yang diba­wa nyamuk     aedes ae­gipty cepat berkembang biak.

Dari awal tahun 2016, warga yang terkena penyakit DBD memang cukup tinggi karena saat ini memang sedang musim hujan.

Berdasarkan data dari Rumah Sakit Umum Dae­rah (RSUD) Dr. Rasidin Padang selama bulan Ja­nuari 2016, ada sekitar 50 orang yang terkena penyakit DBD sedangkan pada per­tengahan Februari Ada de­lapan orang.

“Kurang lebih ada 60 orang pasien yang terkena virus DBD selama tahun 2016,” kata Kepala Bidang Pelayanan RSUD Dr. Ra­sidin Padang, Guswin. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]