43 Tahun ITP

Gubernur Akan Orasi Ilmiah di Dies Natalis ITP


Jumat, 19 Februari 2016 - 03:47:48 WIB
Gubernur Akan Orasi Ilmiah  di Dies Natalis ITP Rektor ITP Hendri Nofrianto menyerahkan cendera mata tim Haluan, Kamis (18/2). Rektor didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Zulfa Uliras dan para wakil rektor . (WINDA)

PADANG, HALUAN — Gu­bernur Sumatera Barat (Sum­bar) Prof Dr H Irwan Prayitno PSi MSc akan memberikan orasi ilmiah pada Rapat Senat Luar Biasa Insitut Teknologi Padang (ITP), Senin (22/2). Orasi dengan tema energi baru dan terbarukan itu di­sam­paikan dalam rangka mem­peringati Dies Natalis ITP ke-43 (21 Februari 1973 – 21 Februari 2016).

“Semestinya rapat senat luar biasa memperingati Dies Natalis akan dilaksanakan Minggu, bertepatan  dengan tanggal 21 Februari, namun karena hari libur, maka kita geser ke hari Senin,” kata Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Drs H Zulfa Eff Uliras MPd, saat berkunjung ke Kan­tor Harian Umum Haluan, Kamis (18/2).

Baca Juga : Penertiban Balap Liar di Padang, Seorang Personel Polisi Ditabrak

Kunjungan yang dipimpin Zulfa Eff Uliras itu, diikuti oleh Rektor ITP Ir Hendri Nofrianto, Wakil Rektor I, Ir Drs H Anrizal SE MT, WR II Ade Indra ST MT dan WR III Agus MSc.  Mereka diterima oleh Jajaran Redaksi Haluan Yon Erizon, Redaktur Ra­madhani dan Winda.

Menurut Zulfa, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah mengkonfirmasikan keha­diran­nya sekaligus kesediaan untuk menyampaikan orasi ilmiah. “Insyaallah beliau ha­dir. Tema tentang energi baru dan ter­barukan itu sangat co­cok dengan kondisi Sumbar dan isu ke­kinian. Secara ber­samaan, ITP juga sangat serius dengan isu energi baru dan ter­ba­rukan,” kata Rek­tor ITP Hendri Nofrianto mem­perkuat tentang agen­da orasi ilmiah.

Baca Juga : Batang Arau Disiapkan untuk Berlabuhnya KRI Dewa Ruci pada Festival Jalur Rempah dan Pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2021

Sehari sebelumnya atau Minggu (21/2) ITP juga akan menggelar ja­lan sehat santai yang di­ikuti keluarga besar dan mitra kerja ITP, Minggu (21/2). Ren­can­anya, ja­lan santai tersebut akan dimulai dari Kampus ITP di Jalan Ga­jah Mada Nanggalo me­ngi­tari rute jalan menuju Jalan Jhoni Anwar Lapai, Bun­daran Khatib Su­laiman, belok kanan menuju gedung DPRD Sumbar, terus me­nuju Pasar Ulak Karang dan kemudian kembali lagi finish di kampus ITP.

“Dalam rencananya jalan santai ini sebagai bentuk sila­turahmi dan pembuka Dies Na­talis ke-43. Selanjutnya juga akan ada beberapa kegiatan lain­nya,”kata WR III Agus MSc.

Baca Juga : Geledah Kamar Hunian, Petugas Lapas Klas II B Padang Temukan Sajam

Menurut Zulfa, ITP yang semakin optimis dalam me­majukan dunia pendidikan dan pengembangan teknologi te­rapan untuk dimanfaatkan masyarakat. Dalam me­ng­ha­dapi MEA, ITP juga se­ma­kin mempersiapkan diri. Se­perti, nantinya akan menggelar Se­minar Nasional ESDM serta ITP Teknology Expo 2016.

ITP yang mempunyai ma­hasiswa sebanyak 2.496 sudah meluluskan 6.662 alumni, baik program S1 maupun program D3. Lulusan tersebut berkarya di jalur swasta, BUMN, BUMD, pemerintahan dan tidak sedikit yang menjadi pengusaha. Mereka tersebar di berbagai provinsi dan Negara.

Baca Juga : Resmikan Surau Papan Palinggam Padang, Gubernur: Mari Ciptakan Pemimpin Masa Datang

Dia menyebutkan dalam 2016 ITP sudah merancang dan fokus menyangkut pendidikan vokasi. Hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat eko­nomi ASEAN (MEA) dan kebutuhan dunia kerja saat ini. “Inovasi demi inovasi harus terus kita lakukan demi masuk dalam era MEA,” ucapnya.  (h/win)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]