Jalan Alahan Panjang-Talang Babungo Rusak Parah


Selasa, 23 Februari 2016 - 03:01:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Arosuka, Haluan — Kon­disi jalan Kabupaten Solok yang menghubungkan Alahan Pan­ja­ng-Talang Babungo dan Sa­riak Alahan Tigo kian mem­pe­rihatinkan.Banyaknya lo­bang menganga, yang ketika musim hujan berubah menjadi ku­bangan air bercampur lumpur merupakan sebagian potret parahnya kerusakan in­fra­struk­tur yang menjadi urat nadi pen­dukung perekonomian ma­sya­rakat di daerah itu. 

Dari pengamatan Haluan, ke­rusakan jalan terjadi di se­pan­jang jalan Alahan Panjang-Talang Babungo. Kerusakan terparah terlihat di sekitar Nagari Salimpat. Sebagian besar aspal sudah mengelupas. Pada musim hujan, lobang-lobang tersebut dipenuhi air bercampur lunau (lumpur), sehingga terlihat sangat kotor. Danau-danau kecil tersebut menyebar sepanjang jalan Salimpat ini.

Sementara kerusakan pa­rah juga terjadi ketika me­masuki jalan utama menuju pasar Ala­han Panjang, ker­u­sakan sudah mulai terlihat di sekitar Taratak Galundi, lubang kecil-kecil memenuhi jalan, sehigga sulit untuk memilih jalan yang baik.”Kalau hari balai, kondisi ini diperparah dengan ke­ma­cetan di sekitar pasar,” jelas Mardi salah se­orang warga setempat kepada Ha­luan di Arosuka, Senin (22/2).

Pihaknya menuturkan, kon­disi ini tak hanya terjadi pada hari Kamis dan Sabtu saja, kemacetan di sekitar pasar juga terjadi pada Rabu dan Jumat ka­rena pada hari itu para pe­dagang sayur mulai menggelar da­gangannya. Sehingga se­karang, nyaris setiap hari tran­saksi di pasar Alahan Panjang ini.

Begitu melewati Salimpat, jalan sedikit mulus hingga ke kompleks SMPN 1 Hiliran Gumanti, namun kerusakan kembali terlihat menjelang me­masuki pemukiman di Ta­lang Babungo, begitu pun jalan menuju Sariak Alahan Tigo. Di sini yang terlihat justru ma­terial longsor dan beberapa bagian jalan yang terban. “Jika tidak segera diperbaiki, Sariak Alahan Tigo bisa saja teri­solasi,” jelas Ketua BMN (Ba­dan Mu­sya­warah Nagari) Sa­riak Alahan Tigo, Rusli Intan Sati.

Ia melihat beberapa badan jalan yang sudah retak dan turun, sementara di bagian lain terlihat material longsor yang menimbun jalan. Diharapkan jalan ini kembali diperbaiki agar nagari ini tidak terancam terisolasi. “ Kita harap ini bisa menjadi perhatian serius dari Bupati Solok yang baru, me­ngingat pentingnya peran jari­ngan infrastruktur ini bagi ke­hidupan masyarakat,” tu­tup­nya. (h/ndi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 13:50:37 WIB

    Terbentur Hutan Lindung, Jalan Kambang-Muara Labuh Masuk RTRW

    Terbentur Hutan Lindung, Jalan Kambang-Muara Labuh Masuk RTRW PADANG, HARIANHALUAN.COM — Upaya pembangunan Jalan Kambang (Pesisir Selatan)-Muara Labuh (Solok Selatan) terbentur status lahan yang termasuk dalam kawasan hutan lindung. Karena kebutuhan jalan dinilai mendesak, DPRD Sumbar.
  • Rabu, 23 Januari 2019 - 13:38:19 WIB

    Jalan Pessel – Solok Terhalang Status Hutan

    Jalan Pessel – Solok Terhalang Status Hutan PADANG, HARIANHALUAN.COM — Setelah sempat tertunda lantaran terhalang hutan konservasi, pengerjaan jalan sepanjang 42 kilometer yang dimulai dari Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan menuju Nagari .
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 11:55:39 WIB

    Harga Masih Fluktuatif, Tiket Pesawat Pengaruhi Perjalanan Dinas

    Harga Masih Fluktuatif, Tiket Pesawat Pengaruhi Perjalanan Dinas PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sebagian besar maskapai penerbangan sepakat menurunkan harga tiket penerbangan yang sempat membubung di awal 2019. Namun dalam penerapannya, masih terjadi fluktuasi harga di mana harga tiket sewak.
  • Jumat, 04 Januari 2019 - 10:45:25 WIB
    DPRD DESAK DINAS PUPR TUNTASKAN PERBAIKAN

    12 Km Jalan Palupuh-Kototinggi Rusak

    12 Km Jalan Palupuh-Kototinggi Rusak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kalangan DPRD Sumbar meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Sumbar meprioritaskan perbaikan jalan provinsi Palupuah-Koto Tinggi yang telah rusak bertahun-tahun. Setidaknya.
  • Rabu, 14 November 2018 - 09:00:57 WIB

    16 Ribu Pelamar Kemenag Sumbar Jalani SKD

    16 Ribu Pelamar Kemenag Sumbar Jalani SKD PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 16.151 peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk penempatan Kementerian Agama (Kemenag) di Provinsi Sumbar mulai bertarung di gelanggang seleksi kompetisi dasar (SKD), Sela.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM