Dasawisma PKK Batu Taba Wakili Agam ke Tingkat Provinsi


Rabu, 24 Februari 2016 - 01:28:08 WIB
Dasawisma PKK Batu Taba Wakili Agam ke Tingkat Provinsi

Agam, Haluan — Kelompok Dasawisma Naga Jorong Sungai Rotan, Nagari Batu Taba, Kecamatan Ampek Angkek, mewakili Kabupaten Agam pada lomba Dasawisma PKK berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2016.

Kelompok Dasawisma yang dimotori para ibu-ibu melalui wadah PKK itu, berhasil mengajak masyarakat berpartisipasi melaksanakan 10 program pokok PKK.

Baca Juga : Harga Sembako di Pasar Tradisional Merangkak Naik

“Dari penilaian yang kita lakukan di tingkat kabupaten, kita mengutus Dasa­wisma Naga Jorong Sungai Rotan, karena merupakan salah satu Dasawisma terbaik di Agam,” kata Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri didampingi Ketua Wakil TP-PKK Ny. Candra Trinda Farhan, saat melakukan pembinaan kepada kelompok Dasawisma Naga, Selasa (23/2).

Penilaian itu, menurut Ny. Vita akan dilakukan pada bulan Maret oleh TP-PKK provinsi. Terkait penilaiannya, diambil dari sejauh mana kinerja dari pembinaan yang dilakukan TP-PKK setempat dalam mem­-ber­dayakan kelompok Dasawisma yang ada dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera dan memberikan manfaat kepada kelompok dan masyarakat daerah setempat.

Baca Juga : Pengendalian Inflasi, Pemko Padang Panjang Pantau Harga Sembako Selama Ramadan dan Lebaran

Selain itu, dijelaskannya tim provinsi nanti juga menilai pembinaan administrasi dan pencatatan kelompok binaan TP-PKK yang ada, serta sejauh mana upaya yang telah dilaksanakan dalam memanfaatkan lahan perkarangan yang dapat membantu perekonomian rumah tangga dan pening­katan gizi keluarga.

“Maka melalui kunjungan ini, kita mengevaluasi sejauhmana persiapan yang dilakukan oleh Dasawisma Naga, sehingga dalam pelaksanaan lomba nanti memang benar-benar sudah siap dan matang karena pada tahun 2015 Dasawisma Ros Lima Jorong Pauah Nagari Kamang Mudiak juara satu tingkat provinsi,” jelasnya.

Baca Juga : Persentase Sembuh Pasien Covid-19 Padang Panjang Tertinggi di Sumbar

Sementara itu, Ketua Kelompok Dasa­wis­ma Naga 2 Nora Novita, mengatakan terbentuknya Dasawisma Naga pada 10 September 2013 dengan anggota 135 dan KK 33. Sejak terbentuknya Dasawisma, ditunjang dan didukung penuh oleh elemen masyarakat dan pemerintah nagari.

Salah satu bentuk kegiatan yang dila­ku­kan Dasawisma, adalah ikut berperan aktif da­lam kemasyarakatan, sosial, keagamaan, eko­nomi keluarga dan kese­hatan masya­ra­kat. ”Salah satunya pe­merintah nagari me­nganggarkan dana untuk kegiatan-kegiatan Dasawisma, seperti dilakukan pembinaan dari PKK Nagari,” jelasnya. (h/yat)

Baca Juga : Mantap! 57 Siswa SMA 1 Sumbar Sembuh dari Covid-19

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]