Murid Perguruan Kubuang Tigo Baleh Siap Hadapi O2SN


Rabu, 24 Februari 2016 - 01:28:26 WIB
Murid Perguruan Kubuang Tigo Baleh Siap Hadapi O2SN

AGAM, HALUAN — Se­ba­nyak seratus lima puluh orang murid perguruan Pen­cak Silat Pandeka Kubuang Tigo Baleh mengikuti ujian kenaikkan tingkat atau sabuk yang dilak­sanakan di Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, minggu lalu.

Pimpinan Perguruan Pan­deka Kubuang Tigo Baleh, Syafrizal mengatakan, salah satu kegiatan dari suatu per­gu­ruan silat adalah mengelar ujian kenaikkan peringkat kepada seluruh murid-murid­nya. Ujian kenaikkan pe­ringkat dilaksanakan dalam rang­ka mempersiapkan per­lom­baan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Baca Juga : Harga Sembako di Pasar Tradisional Merangkak Naik

Ujian tersebut sangat pen­ting dilaksanakan untuk me­nentukan kemampuan atau skill dari masing-masing murid dalam menguasai ju­rus-jurus silat. Ujian itu sendiri, diikuti murid pe­megang sabuk warna putih, kuning dan merah.

“Kita sangat mendukung dan ingin menyukseskan pe­lak­sanaan O2SN. Untuk itu, murid-murid kita telah mem­persiapkan diri  mengikuti ujian kenaikkan peringkat. Selain itu sebagian besar dari murid-murid kita adalah pela­jar SMP di Kecamatan Baso dan Ampek Angkek,” kata Syafrizal pemegang sabuk hitam strip dua kepada Ha­luan di Simarasok. 

Baca Juga : Pengendalian Inflasi, Pemko Padang Panjang Pantau Harga Sembako Selama Ramadan dan Lebaran

Ia menjelaskan, pada per­­tandingan O2SN tahun lalu, beberapa orang murid-murid­nya berhasil meraih mendali perak dan pe­rung­gu. Ia ber­harap pada per­tandingan O2­SN tahun ini murid-muridnya dapat me­raih mendali emas serta mam­pu mengharumkan na­ma sekolah maupun per­guruan Kubuang Tigo Baleh.

Untuk meningkatkan ke­mam­puan skill murid-murid­nya, ia selalu mengikut serta­kan murid-muridnya pada pertandingan Popda maupun pertandingan di Gelanggang Silih Berganti. Saat ini kata­nya, Perguruan Kubuang Tigo Baleh memiliki 9 orang guru, masing-masing guru telah pemegang sabuk hitam.

Baca Juga : Persentase Sembuh Pasien Covid-19 Padang Panjang Tertinggi di Sumbar

“Alhamdulillah, tahun lalu salah seorang murid Per­gu­ruan Kubuang Tigo Baleh mampu meraih juara umum tingkat provinsi di Padang mewakili Kabupaten Agam pada kejuaraan Galanggang Silih Berganti,” ungkap Sya­frizal. (h/ril)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]