KTP untuk Anak

Pemko Tunggu Instruksi Pusat


Rabu, 24 Februari 2016 - 01:52:26 WIB
Pemko Tunggu Instruksi Pusat

PADANG, HALUAN—Pemerintah Kota Padang saat ini masih menunggu perintah dari pemerintah pusat terkait pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP untuk anak.

Seperti diketahui, Pe­me­rintah Indonesia akan mem­berikan KTP untuk anak-usia 0 sampai 18 tahun yang akan diberlakukan pada tahun 20­17 nanti secara me­nyeluruh di ka­bupaten dan kota seluruh In­do­ne­sia.

Baca Juga : 43 RT di Padang Dilarang Gelar Salat Ied, Ini Daftarnya

 “Padang saat ini masih belum masuk dalam ta­hap sosialisasi dan blanko KIA juga belum ada didis­tri­bu­sikan ke Pa­dang,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pen­cata­tan Sipil (Dis­duk­capil) Kota Padang, Wedistar, kemarin.

Dikatakannya, Pemko Pa­dang hingga saat ini masih menunggu petunjuk pelak­sanaan dan perintah untuk menerapkannya.Penerapan kartu ini dilakukan secara bertahap dan tidak semua daerah, hanya 50 daerah saja yang akan di­terapkan pada tahun 2016.

Baca Juga : Fenoma Pusat Perbelanjaan Bikin Macet, Pengamat: Perlu Kesadaran Semua Pihak

KTP anak nanti akan me­muat in­for­ma­si penting ke­pen­dudukan. Mu­lai nama, alamat, nama orang tua, no­mor kartu penduduk, dan sejumlah identitas diri lain­nya.

Namun, bentuk KTP ma­sih dicetak biasa dan belum berupa KTP elektronik se­perti orang dewasa.Setelah usia 18 tahun ke atas, baru wajib perekaman KTP elek­tronik.

Kebijakan ini diambil untuk pendataan administrasi kependudukan, pemberian identitas sekaligus bentuk pemenuhan hak anak. De­ngan begitu, ketika lahir, selain mendapatkan akta kelahiran, anak juga akan memperoleh KTP anak.(h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]