BUMNag Kembangkan Sektor Pariwisata


Kamis, 25 Februari 2016 - 02:07:37 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN Badan Usa­ha Milik Nagari (BUMNag) Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar, berupaya mengembangkan sektor pa­riwisata dan agribisnis di daerah itu.

Nagari Pagaruyung mempunyai banyak potensi yang perlu dikembangkan terutama sektor pariwisata seperti budaya, pe­ninggalan sejarah, dan pesona alam, serta sektor agribisnis, kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Nagari Pagaruyung, Yoghi Alfinder di Pagaruyung, Selasa (23/2).

Ia menyebut BUMNag Pagaruyung Jaya Bersama yang dibentuk anak nagari ini bila mampu mengemas sektor pariwisata dan agribisnis maka tidak saja akan menambah pendapatan asli nagari tapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BUMNag Pagaruyung yang ada saat ini merupakan murni inisiatif dan semangat anak nagari yang bangkit bersama dan sudah dituangkan dalam visi dan misinya mewujudkan Nagari Pagaruyung ber­martabat, mandiri dan madani berlan­daskan adat dan agama.

Semoga semangat kebersamaan anak nagari ini selalu terjaga, semakin ber­kembang dan diarahkan kepada kemajuan, tambahnya.

Saat ini, katanya, sudah ada beberapa kegiatan yang dilakukan anak nagari Pagaruyung, dan ke depan diharapkan agar pemerintah daerah dapat me­ngem­ba­ngankan kawasan Pagaruyung sebagai objek wisata primadona di Sumbar.

Sementara itu Kasi Taskim Badan Taskim dan PMKB Tanah Datar, Nurlaili mengapresiasi inovasi anak Nagari Pa­garuyung dalam perumusan BUMNag, dimana baru pertama di Tanah Datar dan Sumbar.”Kami masih mempersiapkan draf Peraturan Daerah (Perda) tentang BU­MNag, sementara Nagari Pagaruyung sudah mulai berbuat,” katanya.

Ia menyebut walaupun belum ada Perda, namun payung hukumnya sudah ada yaitu Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Badan Usaha Milik Desa atau Nagari.Kami akan terus melakukan pembinaan dan berharap BUMNag Pagaruyung Jaya Ber­sama ini dapat menjadi percontohan bagi nagari lain, katanya. (h/emz)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:23:39 WIB

    BUMNag Sumpur Kudus Beromzet Miliaran

    BUMNag Sumpur Kudus Beromzet Miliaran SUMPUR KUDUS, HARIANHALUAN.COM - BUMNag Sumpur Kudus hadir di Expo Bumdes dan Festival Bumdes Bersama, di Bengkulu. Kehadiran BUMNag ini turut menyita perhatian masyarakat yang berkunjung ke arena hajatan tersebut. Materi kal.
  • Senin, 07 Agustus 2017 - 19:42:13 WIB

    Bank Nagari Painan Gelar Sosialiasasi, Setiap Nagari Harus Punya Bumnag

    Bank Nagari Painan Gelar Sosialiasasi, Setiap Nagari Harus Punya Bumnag PAINAN, HARIANHALUAN.COM—Bank Nagari Cabang Painan, Pesisir Selatan melakukan sosialisasi dan pelatihan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) di Pessel, di aula Bank Nagari Painan, Kamis(3/8). Kegiatan yang diikuti sebanyak 170.
  • Selasa, 30 Mei 2017 - 11:11:34 WIB

    Di Limapuluh Kota, Sudah 20 Nagari Miliki BUMNag

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Target Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mendirikan BUMNag disetiap nagari di tahun 2017 sebagai penunjang perekonomian masyarakat masih jauh dari harapan. Dari 79 nagari yang akan didirikan.
  • Senin, 14 November 2016 - 00:27:29 WIB

    Nagari Pauh Duo Nan Batigo Bentuk BUMNag

    Nagari Pauh Duo Nan Batigo Bentuk BUMNag SOLSEL, HALUAN —Peme­rin­tahan Nagari Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel) akan membentuk Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Pembentukan BUMNag tersebut dalam upaya peningkatan Penda­patan Asli.
  • Selasa, 05 April 2016 - 02:48:09 WIB

    BUMNag Batang Barus Diluncurkan

    BUMNag Batang Barus Diluncurkan AROSUKA, HALUAN—Guna memenuhi kebutuhan akan adanya lembaga keuangan yang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat yang ada nagari, Pemerintah nagari Batang Barus Kec. Gunung Talang membentuk Badan Usaha Milik Nagari (BUM Na.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM