Belum Bayar Uang Sekolah

Kadisdik: Siswa Jangan Dilarang UN


Jumat, 26 Februari 2016 - 02:14:38 WIB

PEKANBARU, HALUAN—Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, menegaskan, kepada seluruh kepala se­kolah di Kota Pekanbaru, agar tidak melarang siswa untuk mengikuti ujian,lantaran be­lum bisa melunasi pemba­yaran uang sekolah.

Hal itu disampaikan me­ngi­ngat akan dilaksanakannya Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan, pada bulan April mendatang.

“Kita tegaskan kepada seluruh kepala sekolah, agar tidak melarang siswa meng­ikuti ujian karena terganjal masalah pembayaran Siswa sekolah yang belum bisa dise­lesaikan. Bagaimanapun, anak- anak kita harus tetap mengikuti ujian, mereka ge­nerasi penerus yang akan menentukan nasib bangsa ini dimasa depan,” kata Jamal, Rabu (24/2).

Meski demikian, Jamal juga meminta peran dari orang tua para siswa untuk berterus terang dan mem­bicarakan permasalahan yang dihadapi tersebut. Artinya, tidak serta merta melepaskan permasalahan pendidikan anaknya kepada pemerintah saja, bila diminta memenuhi undangan yang diberikan dari sekolah, orang tua diminta menghadirinya.

“Partisipasi orang tua sis­wa memang diperlukan, na­mun kalau kondisi belum atau tidak memungkinkan, tentu pihak sekolah tidak bisa me­maksa, bila dari awal saat pertama masuk ada komitmen antara pihak sekolah dengan orang tua untuk memberikan keringanan, kembalikan saja komitmen itu seperti pada awal,” jelas Dia.

Kembali Jamal mene­gas­kan, untuk tahun 2016 ini, pihaknya tak mau lagi men­dengar atau melihat ada kasus siswa yang terganjal mengikuti ujian, karena belum bisa me­lunasi uang sekolah. Atau lebih mirisnya, ada sekolah yang sampai menahan ijazah siswa lantaran permasalahan yang disebutkan.

“Kita tidak mau lagi de­ngar ada siswa yang tidak bisa ikut ujian karena uang seko­lahnya tidak lunas, tentang ini sudah saya sampaikan kepada seluruh kepala sekolah. Bila masih ada sekolah yang berani melakukannya, kita minta kepada orang tua siswa untuk melaporkannya ke Dinas Pen­didikan, sebab kita memberi jaminan siswa tak mampu agar tetap bisa mengikuti ujian, laporkan ke kami,” tegas Jamal. (her)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]