H. Boy Lestari Dt. Palindih

‘Jangan Ada Proyek Balas Budi’


Sabtu, 27 Februari 2016 - 02:58:03 WIB
‘Jangan Ada Proyek Balas Budi’

KETUA Persatuan Tarbiyah Islamiyah Sumbar,  H. Boy Lestari Dt. Palindih memperingatkan kepala daerah terpilih di provinsi ini,  baik kepala daerah tingkat I mau pun tingkat II, untuk tidak mempraktekkan sistem balas budi dan balas dendam dalam mengangkat pejabat dalam kabinet kerja.

Hal itu disampaikannya me­ngingat sebentar lagi kepala daerah terpilih akan menyusun kabinet kerja yang baru.

“Pilihlah orang-orang yang kompeten, berpengalaman, dan profesional di bidangnya ketika mengangkat pejabat, tanpa meman­dang apakah ia lawan atau teman politik sebelum Pilkada. Memilih pejabat untuk kabinet pemerin­tahan harus objektif,” ujar Boy yang juga pengusaha Sumbar ini di Hotel Buana Lestari Syariah, Padang Pariaman, Kamis (25/2).

Ia menuturkan, setelah Pilkada usai, seharusnya kepala daerah terpilih menanggalkan baju partai dan kelompok, kemudian menjadi kepala daerah bagi semua masya­rakat, termasuk lawan politiknya.

Menurutnya, menentukan peja­bat kabinet dengan pertimbangan orang yang berjasa mendukung kepala daerah tersebut sebelum Pilkada, adalah hal yang tidak baik, karena hal itu bukan pertimbangan yang profesional. Jika hal itu dilakukan, hasilnya kinerja pe­merintahan tidak ber­jalan bagus, apalagi jika pejabat tersebut kom­peten karena diangkat berdasarkan kedekatan dengan kepala daerah tersebut.

“Jangan sampai tidak memilih pejabat profesional, hanya karena dia berpihak ke lawan politik sebelum Pilkada. Tidak boleh seperti itu. Itu namanya balas dendam,” katanya.

Selain itu, Boy juga mengimbau pasangan kepala daerah terpilih untuk tidak pecah kongsi setelah menduduki kursi jabatan. Hal itu diperingatkannya ka­rena ke­cenderungan selama ini, sejumlah kepala da­erah di Sumbar pe­cah kong­si setelah menjabat. Jika hal itu terjadi, dam­paknya juga berkaitan de­ngan kinerja pe­me­rintahan ka­rena sepa­sang ke­­pala daerah ha­rus kompak bekerja. 

“Masyarakat me­milih se­pa­sang calon ke­pala daerah, bu­kan karena sa­lah satu di an­taranya,” sebut Boy. (h/dib)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]