Proyek Rp12 M di Dharmasraya Gagal Lelang


Sabtu, 27 Februari 2016 - 12:18:20 WIB
Proyek Rp12 M di Dharmasraya Gagal Lelang

PADANG, HA­LUAN — Pro­yek pe­ngaspalan ja­lan di Dhar­mas­raya tahun 2016 senilai Rp 12 miliar gagal lelang. Panitia le­lang me­ngang­gap peserta le­lang tak me­me­nuhi persyaratan alias di­nilai tak memiliki ke­­mampuan me­nger­­jakan proyek de­ngan anggaran yang cukup besar tersebut. 

Sedangkan Lembaga Bantuan Hukum Jasa Konstruksi  (LBH JK) yang menerima pengaduan atas masalah tersebut menilai panitia tender dan pengguna anggaran dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Dharmasraya tidak memahami aturan tender secara utuh. Malah muncul dugaan tentang adanya upaya yang mengarah untuk memenangkan perusahaan tertentu.

Baca Juga : Penertiban Balap Liar di Padang, Seorang Personel Polisi Ditabrak

“Terus terang, kita sesungguhnya sangat berharap dengan adanya Bupati Dharmasraya yang baru. Ada perubahan dalam sistem penanganan proyek di Dharmasraya. Harapan kita tentunya orang-orang yang ditempatkan adalah yang mengerti dan paham. Sehingga kualitas  proyek bisa lebih baik, pelaksanaan tender lancar dan tak berpotensi  bermasalah secara hukum,” kata Direktur  LBH JK, Ir H Suparmnan, SH, MH, Jumat (26/2) di Padang   Suparman berharap pelelangan proyek di Dharmasraya dengan adanya Bupati  yang baru, penyelenggaraannya bisa lebih baik. Baik dalam proses pelelangan, penentuan pemenang dan pelaksanaan pekerjaan.

Kabag Humas Pemkab Dharmasraya, Budi Waluyo saat dihubungi tadi malam mengakui adanya proyek jalan senilai Rp12 miliar yang gagal lelang. Perusahaan peserta lelang yang mendaftar dianggap  tak memiliki kemampaun dengan proyek yang nilainya cukup besar itu.  “Memang ada empat paket proyek dengan nominal Rp12 miliar yang gagal tender. Alasannya itu tadi. LPSE kan cuma melakukan lelang dan menyeleksi persyaratan-persyaratan. Sedang yang me­nentukan dan bikin persyaratan adalah pengguna anggaran dalam hal ini SKPD ter­kait,” kata Budi Waluyo sembari menjelaskan bahwa proyek yang gagal lelang itu telah mulai kembali dilelang. (h/erz)  

Baca Juga : Batang Arau Disiapkan untuk Berlabuhnya KRI Dewa Ruci pada Festival Jalur Rempah dan Pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2021

 

 

Baca Juga : Geledah Kamar Hunian, Petugas Lapas Klas II B Padang Temukan Sajam

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]