Payakumbuh Tak Lanjutkan Sekolah Lima Hari


Senin, 29 Februari 2016 - 03:26:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PAYAKUMBUH, HALUAN — Sekolah lima hari yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh semenjak tahun 2014 lalu, pada semester depan tidak lagi diterapkan, terutama bagi siswa SD.

Kepala Dinas Pen­didi­kan Kota Payakumbuh, Ha­san Basri menga­ta­kan, tidak dilanjutkannya sekolah lima hari tersebut, disebabkan berbagai faktor setelah di­lalu­kan evaluasi oleh dinas pendidikan, seperti siswa merasa terbebani.

“Sekolah lima hari tidak gagal, tetapi memang se­mes­ter depan sekolah yang su­dah menerapkan sekolah lima hari ini  kembali ke program lama yakni sekolah enam hari,” terang Hasan Basri pada Minggu (28/2) kemarin.

Faktor yang men­ye­bab­kan kembalinya sekolah enam hari dari sekolah lima hari tersebut, di antaranya Dinas Pendidikan Paya­kum­buh menilai anak di­dik terasa terbebani oleh sekolah lima hari. Tak hanya itu, sekolah lima hari juga tidak efektif untuk pe­ne­ra­pan kurikulum 2013.

“Karena banyak per­tim­bangan, maka pe­nera­pan kita kembalikan ke sekolah enam hari,” ujarnya.

Meski demikian, Dinas Pendidikan Kota Paya­kum­buh masih mem­perboleh­kan sejumlah seko­lah untuk menerapkan sekolah lima dengan  batas waktu hing­ga akhir semester ini.

“Pada semester baru depan, seluruh sekolah su­dah kembali ke penerapan sekolah enam hari,” te­rang­nya­nya.

Menurut Hasan Bas­ri, ke­m­­balinya sekolah en­am hari itu, khusus bagi SD. Sedangkan SMP dan SMA masih tetap menerapkan pen­didikan se­kolah lima hari.  “Ini khusus bagi SD, ”terangnya.

Sementara, tokoh ma­sya­rakat Kota Payakumbuh, Yudilfan Habib menilai, Dinas Pendidikan Paya­kum­buh tidak memiliki perencanaan matang ter­hadap kondisi pendidikan ke depan. “Seharusnya, ja­uh-jauh hari dinas sudah punya kajian matang untuk penerapan sekolah lima hari. Sehingga, kebijakan yang sudah diambil ti­dak mudah diganti-ganti. Se­harus­nya, Dinas Pendidikan mengukur kesanggupan se­belum diterapkan,” terang Yudilfan Habib.

Ke depan, harap Ha­bib, apapun kebijakan yang di­am­bil oleh Dinas Pe­n­didi­kan harus ada kajian yang mendalam,  jangan asal dipaksakan.

“Kesannya, pendidikan Kota Payakumbuh ini hanya sekedar coba-coba. Berapa anggaran yang dihabiskan untuk ini saja,”ucapnya lagi.

Habib juga berpendapat, Dinas Pendidikan saat ini, tidak memiliki komitmen terhadap kebijakan yang sudah dilakukan.

Pada tahun 2014 lalu, Dinas Pendidikan Paya­kumbuh sudah menerapkan sekolah lima hari bagi be­be­rapa SD, SMP dan SMA di Kota Payakumbuh. Se­ko­lah lima hari sendiri, yakni sekolah yang dilakukan dari hari Senin hingga Jumat. Sedangkan Sabtu, sekolah diliburkan.

Dari sekolah lima hari tersebut, Dinas Pendidikan menambah waktu proses belajar mengajar menjadi 8 jam setiap hari. Tujuan dari penerapan sekolah lima hari tersebut, yakni untuk me­ning­katkan mutu pen­didi­kan Kota Payakumbuh. (h/ddg)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 April 2019 - 15:54:34 WIB

    Hafiz Muzammil Hasballah Motivasi Siswa ICBS Payakumbuh

    Hafiz Muzammil Hasballah Motivasi Siswa ICBS Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka memotivasi dan menginspirasi siswa untuk menjadi ahlul Quran, Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh datangkan hafiz muda kharismatik, Muzammil Hasballah. Pemuda asal Aceh.
  • Senin, 15 April 2019 - 15:49:29 WIB

    Hampir Enam Ribu Pelajar SMP Payakumbuh yang Ikuti UNBK

    PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pendidikan Payakumbuh menyatakan siap mensukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 22 April mendatang. Walaupun masih ada 2 sekolah yang akan menumpang. Namun hal tersebut tidak a.
  • Rabu, 07 November 2018 - 19:43:14 WIB

    Payakumbuh Deklarasi Tolak LGBT, Wagub: Daerah Lain Harus Mencontoh

    Payakumbuh Deklarasi Tolak LGBT, Wagub: Daerah Lain Harus Mencontoh Perilaku LGBT tidak boleh mendapatkan ruang untuk berkembang. Secara kesehatan, aktivitas tersebut juga memicu berkembangnya penyakit menular HIV-AIDS yang mematikan..
  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 08:10:13 WIB

    Pasar Malam  Diduga Berbau Judi, Pemko Payakumbuh Membantah

    Pasar Malam  Diduga Berbau Judi, Pemko Payakumbuh Membantah PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM-Keberadaan Pasar Malam di kawasan Pasar Rakyat Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, disorot berbagai pihak. Pasalnya, di arena pasar malam tersebut diduga ada  permainan yang menga.
  • Kamis, 28 Juni 2018 - 10:27:23 WIB

    Keren!.. Ada Kampung 3 D di Payakumbuh

    Keren!.. Ada Kampung 3 D di Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARINHALUAN.COM - Di Kota Payakumbuh sekarang sudah ada kampung tiga dimensi. Kampung yang dipopulerkan dengan nama nama Putei Rayola (Kampung Tridi Kelurahan Payolansek) itu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM