Payakumbuh Tak Lanjutkan Sekolah Lima Hari


Senin, 29 Februari 2016 - 03:26:43 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Sekolah lima hari yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh semenjak tahun 2014 lalu, pada semester depan tidak lagi diterapkan, terutama bagi siswa SD.

Kepala Dinas Pen­didi­kan Kota Payakumbuh, Ha­san Basri menga­ta­kan, tidak dilanjutkannya sekolah lima hari tersebut, disebabkan berbagai faktor setelah di­lalu­kan evaluasi oleh dinas pendidikan, seperti siswa merasa terbebani.

“Sekolah lima hari tidak gagal, tetapi memang se­mes­ter depan sekolah yang su­dah menerapkan sekolah lima hari ini  kembali ke program lama yakni sekolah enam hari,” terang Hasan Basri pada Minggu (28/2) kemarin.

Faktor yang men­ye­bab­kan kembalinya sekolah enam hari dari sekolah lima hari tersebut, di antaranya Dinas Pendidikan Paya­kum­buh menilai anak di­dik terasa terbebani oleh sekolah lima hari. Tak hanya itu, sekolah lima hari juga tidak efektif untuk pe­ne­ra­pan kurikulum 2013.

“Karena banyak per­tim­bangan, maka pe­nera­pan kita kembalikan ke sekolah enam hari,” ujarnya.

Meski demikian, Dinas Pendidikan Kota Paya­kum­buh masih mem­perboleh­kan sejumlah seko­lah untuk menerapkan sekolah lima dengan  batas waktu hing­ga akhir semester ini.

“Pada semester baru depan, seluruh sekolah su­dah kembali ke penerapan sekolah enam hari,” te­rang­nya­nya.

Menurut Hasan Bas­ri, ke­m­­balinya sekolah en­am hari itu, khusus bagi SD. Sedangkan SMP dan SMA masih tetap menerapkan pen­didikan se­kolah lima hari.  “Ini khusus bagi SD, ”terangnya.

Sementara, tokoh ma­sya­rakat Kota Payakumbuh, Yudilfan Habib menilai, Dinas Pendidikan Paya­kum­buh tidak memiliki perencanaan matang ter­hadap kondisi pendidikan ke depan. “Seharusnya, ja­uh-jauh hari dinas sudah punya kajian matang untuk penerapan sekolah lima hari. Sehingga, kebijakan yang sudah diambil ti­dak mudah diganti-ganti. Se­harus­nya, Dinas Pendidikan mengukur kesanggupan se­belum diterapkan,” terang Yudilfan Habib.

Ke depan, harap Ha­bib, apapun kebijakan yang di­am­bil oleh Dinas Pe­n­didi­kan harus ada kajian yang mendalam,  jangan asal dipaksakan.

“Kesannya, pendidikan Kota Payakumbuh ini hanya sekedar coba-coba. Berapa anggaran yang dihabiskan untuk ini saja,”ucapnya lagi.

Habib juga berpendapat, Dinas Pendidikan saat ini, tidak memiliki komitmen terhadap kebijakan yang sudah dilakukan.

Pada tahun 2014 lalu, Dinas Pendidikan Paya­kumbuh sudah menerapkan sekolah lima hari bagi be­be­rapa SD, SMP dan SMA di Kota Payakumbuh. Se­ko­lah lima hari sendiri, yakni sekolah yang dilakukan dari hari Senin hingga Jumat. Sedangkan Sabtu, sekolah diliburkan.

Dari sekolah lima hari tersebut, Dinas Pendidikan menambah waktu proses belajar mengajar menjadi 8 jam setiap hari. Tujuan dari penerapan sekolah lima hari tersebut, yakni untuk me­ning­katkan mutu pen­didi­kan Kota Payakumbuh. (h/ddg)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 16:13:54 WIB

    Tenun Balai Panjang Payakumbuh Bakal Tampil di Ivent Fesyen Internasional

    Tenun Balai Panjang Payakumbuh Bakal Tampil di Ivent Fesyen Internasional PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Upaya untuk promosi Tenun Balai Panjang terus dilakukan Dekranasda Payakumbuh bersama Desainer kenamaan Tuty Adib. Setelah tampil dalam event London Fashion Week (LFW) tahun lalu, kali ini Tenun.
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 17:29:06 WIB

    Diskominfo Payakumbuh Bahas Sistem Zonasi PPDB

    Diskominfo Payakumbuh Bahas Sistem Zonasi PPDB PAYAKUMBUH, HALUAN -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Payakumbuh melalui Bidang Kehumasan kembali menggelar diskusi pekanan “Senin Cerdas” di Ruang Media Center, Balai Kota Payakumbuh, Senin (8/7). Pole.
  • Ahad, 07 Juli 2019 - 15:55:38 WIB

    Forkopimda Payakumbuh Gelar Sepeda Santai

    Forkopimda Payakumbuh Gelar Sepeda Santai PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), para pimpinan daerah yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Payakumbuh menggelar sepeda santai.
  • Ahad, 07 Juli 2019 - 12:49:44 WIB

    Kota Payakumbuh Raih Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2019

    PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Kota Payakumbuh akhirnya berhasil meraih Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2019 yang digelar oleh Majalah Tempo bekerjasama dengan Frontier Consulting Group. Payakumbuh dinobatkan sebagai Pem.
  • Ahad, 30 Juni 2019 - 10:45:00 WIB

    Wali Kota dan Kapolres Payakumbuh Gelar Olahraga dan Goro

    Wali Kota dan Kapolres Payakumbuh Gelar Olahraga dan Goro PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-73, Polres Payakumbuh gelar kegiatan olahraga dan gotong royong di kawasan wisata Ngalau Indah, Kota Payakumbuh, Sabtu (29/6).  Hadir dalam kegiatan.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM