Atasi LGBT

KUA Harus Jeli Lihat Data Catin


Selasa, 01 Maret 2016 - 11:12:48 WIB

AROSUKA, HALUAN—Me­nyikapi masalah perusakan moral dan akidah umat seperti kasus lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok me­ngajak para kepa­la KUA un­tuk ikut mengawasinya. KUA diminta untuk jeli terutama berkaitan dengan administrasi pencatatan nikah.

Hal ini ditegaskan oleh Kakankemenag dalam perte­muan para Kepala KUA se Kabupaten Solok di mushalla Al Ikhlas Kantor Kemenag Kab. Solok Selasa (23/2) lalu.

Kardinal sampai me­negaskan demikian karena belajar dari kejadian di Kota Padang beberapa waktu lalu, dimana nyaris terjadi per­nikahan sejenis yang dipas­tikan akan mencoreng ranah minang sebagai negeri yang menjunjung tinggi falsafah ABS-SBK dalam kehi­dupan­nya. Lantaran itu pihaknya berharap kepada kepala KU­A dan staf diminta untuk lebih teliti memeriksa per­syaratan calon pengantin (ca­tin). “Selain itu juga diper­lukannya mempereart kerja­sama dengan instansi lain­nya,” kata Kardinal.

Agar kasus nikah sessama jenis tidak terjadi, kata dia, Kepala KUA bisa bekerja sama dengan Puskesmas da­lam memastikan kondisi ke­sehatan calon pengantin saat datang untuk imunisasi. Be­gitu juga dengan pemerintah nagari dan camat, kepa­la KUA bisa memastikan keab­sahan data kependudukan catin sebelum mengajukan permohonan pencatatan ke Kantor KUA. “ Kita minta kepala KUA juga mengajak Penyuluh Agama, mubaligh untuk menaympaikan hal ini kepada masyarakat tentang bahaya dan efek dari LG­BT ini,” pungkasnya.  (h/ndi)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 12:08:25 WIB

    Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemda Kota Pariaman Jalin Kerjasama dengan Universitas Terbuka

    Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemda Kota Pariaman Jalin Kerjasama dengan  Universitas Terbuka PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Pariaman melakukan kerjasama dengan Universitas Terbuka untuk peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut, terutama guru PAUD..
  • Sabtu, 04 Januari 2020 - 11:47:16 WIB

    Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid: Mari Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

    Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid: Mari Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa PADANG,HARIANHALUAN.COM - Sejumlah aparatur diantaranya para pejabat termasuk camat di lingkup Pemerintah Kota Padang mendengarkan pemaparan tentang kebangsaan dari Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nu.
  • Selasa, 26 November 2019 - 21:55:39 WIB

    Pemkab Sijunjung Perkuat Layanan UPZ di Sekolah

    Pemkab Sijunjung Perkuat Layanan UPZ di Sekolah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Sijunjung terus memperkuat layanan  Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di jajaran Dinas Pendidikan, khususnya UPZ sekolah dasar (SD),  SLTP dan koordinator wi.
  • Rabu, 07 Juni 2017 - 09:24:17 WIB

    Pendulang Emas Hanyut di Sungai Kuantan

    Pendulang Emas Hanyut di Sungai Kuantan SIJUNJUNG, HALUAN — Bak kata pepatah untung tak dapat diraih, malang tak dapat dielak. Begitu pulalah kejadian yang menimpa Syamsimar (50), warga Kenagarian Silokek Kecamatan Sijunjung yang diduga hanyut terbawa arus saat m.
  • Senin, 10 April 2017 - 11:14:15 WIB

    Pemuda Diajak Kuasai Bahasa Asing

    PASBAR, HALUAN - Bupati Pasaman Barat, Syahiran melantik kepengurusan Ikatan Mahasiswa, Pelajar dan Pemuda Pasaman Barat (Imap Pasbar) Pekanbaru Riau periode 2016-2017 di Gedung Graha Pena Riau Pekanbaru, Minggu (9/4). .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM