PNP Perlebar Kerja Sama dengan SMK


Rabu, 02 Maret 2016 - 14:52:00 WIB
PNP Perlebar Kerja Sama dengan SMK

PADANG, HALUAN —Po­li­teknik Negeri Padang (P­N­P) akan perlebar ker­ja­sama dengan Sekolah Me­neng­ah Kejuruan (SMK) di Sumatera Barat yang selama ini hanya sebatas uji kom­petensi. Ke depan, kerja­sama ini akan berlanjut seperti pengabdian masya­rakat dan penerimaan siswa magang di PNP.

Direktur PNP Aidil Za­m­ri saat penandatanganan kerja sama pelaksanaan ujian kompetensi antara PNP dan sejumlah SMK di Sumbar, di Lantai II Per­pus­ta­ka­an, Selasa (1/3) menga­takan, kerja sama ini sudah terjalin sejak lama namun baru dipertegas dalam Mou hari ini. SMK yang terlibat dalam kerja sama ini di antaranya, SMK 2 Pariam­an, SMK BNM Pariaman, SMK 1 Sijunjung, SMK 1 Sawahlunto,  SMK 2 Pa­dang, SMK 1 Painan, SMK Payakumbuh, SMK 1 Gu­nung Talang dan SMK 1 Bukik Sundi.

Baca Juga : Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

“Selama ini kami sudah melakukan kerja sama, na­mun baru kini kami mela­kukan MoU. Hal ini dilaku­kan agar lebih bagus dan ruang lingkupnya lebih lu­as,” ujar Aidil.

Sementara itu para Ke­pala SMK yang hadir dalam pertemuan tersebut sangat mengapresiasi kerja sama ini dan bisa terbina se­lama­n­ya. Para Kepala SMK ter­sebut memiliki harapan agar kerja sama lebih di­perluas lagi.

Baca Juga : Libur Lebaran, Hendri Septa Pastikan Destinasi Wisata di Kota Padang Tutup

“Kami berharap PNP memberikan beasiswa, se­bab banyak siswa SMK yang ingin kuliah di PNP,” ung­kap Kepala SMK 1 Sawah­lunto, Agusriharjanto.

Selain itu para Kepala SMK ini juga berharap PNP bisa menerima siswa me­reka untuk magang di PNP dan meminta PNP untuk lebih banyak menerima siswa SMK dibanding  siswa SMA. Sejumlah kepala SM­K sepakat  untuk mem­promosikan PNP kepada siswanya.

Kepala Senat PNP Ma­frial Muluk menyatakan, khusus untuk beasiswa, salah satunya tersedia bidik misi yang tidak bisa di­berikan begitu saja karena ada prosedur yang dilalui.

“Kami bahkan mengcek kondisi keluarga si calon mahasiswa sampai ke da­erah-daerah untuk me­mas­tikan si penerima beasiswa bidik misi ini memang layak untuk menerima. Sebab banyak yang mengaku-nga­ku miskin agar bisa men­dapatkan beasiswa bidik misi tersebut,” jelasnya.

Mengenai komposisi pe­nerimaan siswa SMA dan SMK, dijelaskan kalau PNP tiap tahunya menerima ma­ha­siswa baru sebanyak 1.200 orang dan dibagi dalam tiga jalur penerimaan.

“Dalam pelaksanaan ujian, anak SMA harus me­miliki nilai yang lebih dari SMK, dan kami selalu mem­buat komposisi untuk siswa SMK,” paparnya. (h/san)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]