Sembilan Fraksi Tanggapi 5 Ranperda


Rabu, 02 Maret 2016 - 14:57:00 WIB
Sembilan Fraksi Tanggapi 5 Ranperda

TANAH DATAR, HALUAN — Pada sidang paripurna DPRD Tanah Datar, sembilan Fraksi menyampaikan tanggapan dan pandangan umum terhadap lima Ranperda yang diajukan bupati. Lima Ranperda tersebut yaitu tentang pembangunan dan penataan menara bersama telekomunikasi, penyelenggaraan huller dan penggilingan padi, pengendalian rabies, penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu, dan jasa konstruksi. Juru bicara Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Hafitrizal lebih menyorot keseriusan pemerintah daerah dalam pengendalian populasi hewan peliharaan yang menyebabkan penyakit rabies seperti anjing.

Fraksi PPP itu meminta Pemkab Tanah Datar dapat memberikan data konkrit berapa jumlah populasi hewan peliharaan penyebab penyakit rabies dalam lima tahun terakhir.

Baca Juga : Ombudsman Sumbar akan Turunkan Tim Yustisi Awasi Pelanggar Prokes dan Maladministrasi Saat Lebaran

Kemudian, juru bicara Fraksi PKS, Istiqlal pada sidang yang berlangsung Senin (29/2) itu juga mempertanyakan persoalan standarirasi yang digunakan Pemda dalam pelayanan jasa konstruksi, persyaratan pelaksanaan jasa konstruksi dan apa kewaji­ban pengguna jasa konstruksi tersebut.

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Irman di­dam­pingi Wakil Ketua Saidani dan dihadiri 30 anggota lainnya juga mendengarkan pan­dang­an dari Fraksi Partai Golkar, PAN, Demokrat, Gerindra, PDI Perjuangan dan dari Fraksi Bintang Nasdem.

Baca Juga : Baznas Pasaman Salurkan Zakat untuk Mustahik, Totalnya Rp134,5 Juta

Hadir pada Paripurna tersebut, Wabup Zuldafri Darma, Dandim Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro, Sekda, para asisten, pimpinan SKPD, camat dan walinagari se-Tanah Datar. Sebelumnya, Bupati Irdi­nansyah Tar­mizi menyampaikan pengajuan Ranperda tentang pengendalian rabies dirasa penting karena terus meningkatnya jumlah kasus masyarakat yang terserang penyakit rabies akibat gigitan anjing.

Pemerintah perlu mengatur populasi dan aktifitas hewan peliharaan penyebab penyakit rabies khususnya anjing, katanya.

Sementara pengajuan Ranperda tentang penyelenggaraan heler dan penggilingan padi juga diperlukan mengingat pesatnya perkembangan jasa usaha penggilingan padi ditengah masyarakat. (h/fma)

 

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]