670 0rang Tewas Selama Februari


Kamis, 03 Maret 2016 - 03:14:04 WIB
670 0rang Tewas Selama Februari

BAGHDAD, HALUAN — Ke­ke­rasan berkelanjutan di Irak telah merenggut sedi­kitnya 670 orang selama Februari lalu. Menurut PBB, Selasa (2/3), dua per­tiga dari jumlah tersebut adalah warga sipil.

Misi Bantuan PBB di Irak yang dikenal sebagai UNAMI me­ngatakan jumlah korban war­ga sipil mencapai 410 orang. Sisanya termasuk po­li­si federal, pasukan perta­ha­nan sipil, penjaga ke­ama­nan maupun pasukan pesh­mer­ga Kurdi serta parami­li­ter.

Baca Juga : Mantan Komandan Kapal Selam Nuklir Inggris: KRI Nanggala 402 Mungkin Tak Akan Ditemukan

Kekerasan selama Fe­brua­ri itu juga telah melukai 1.290 orang, termasuk 1.050 warga sipil. Wilayah terimbas terparah adalah Baghdad de­ngan 277 korban sipil tewas dan 838 korban luka. Di Pro­vinsi Anbar yang merupakan basis kuat ISIS, empat tewas dan 126 lainnya terluka.

Bulan sebelumnya, Ja­nuari, total jumlah korban tewas 849 orang dan 1.450 terluka. Perwakilan khusus PBB untuk Irak, Jan Kubis mengatakan konflik ber­kelan­jutan Irak terus merenggut korban.

Baca Juga : Usai Kasus KIPI Seperti Stroke, Thailand Tetap Pakai Sinovac

“Ini sangat meng­kha­wa­tirkan dan memilukan. War­­ga sipil seharusnya ti­dak jadi pihak yang mem­bayar konflik ini,” kata Kubis dalam per­nya­taan. ISIS ma­sih mela­kukan se­rangan-serangan ke­cil yang juga menambah pan­jang daftar korban. (h/rol)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]