PM Malaysia Janji Tumpas Gerakan Radikal


Kamis, 03 Maret 2016 - 03:14:24 WIB
PM Malaysia Janji Tumpas Gerakan Radikal

JEDDAH, HALUAN — Perdana Menteri (PM)  Malaysia Najib Razak berjanji akan menumpas gerakan terorisme dan ek­stre­mis di Asia Tenggara. Pernyataan tersebut diungkapkan saat Najib berbicara dalam forum bisnis di Jeddah, Arab Saudi.

Menurut Najib, kelompok garis keras selama ini selalu berupaya mendorong kelompok ekstrem lokal untuk melakukan gerakan radikal. Karena itu, Malaysia dan Arab Saudi akan selalu menjadi partner untuk melawan setiap gerakan yang telah menyebabkan kekacauan di Timur Tengah dan seluruh penjuru dunia.

Baca Juga : AS dan Rusia Makin Panas, Biden Peringatkan Putin Soal Navalny

“Kami tidak akan pernah lelah berjuang mempertahankan Islam yang sesung­guhnya” papar Najib, sebagaimana dikutip dari IB Times, Rabu (2/3). 

Berdasarkan hal itulah Malaysia dan Arab Saudi harus bekerja sama untuk mencegah segala bentuk gerakan yang mengancam kedua wilayah. Apalagi militan Asia Tenggara, termasuk Abu Sayyaf, telah berjanji untuk setia kepada ISIS dan berjanji akan melakukan penyerangan yang lebih mematikan.

Baca Juga : Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Pakistan Tembus Rekor

Abu Sayyaf yang selama ini dijuluki “Pembawa Pedang” telah melakukan serangan mematikan di sebagian wilayah di Asia Tenggara. Serangan Abu Sayyaf pada 2003 di Manila Bay, Filipina, menga­kibatkan lebih dari 100 orang meninggal dunia.

Sejumlah aksi pengeboman dan sera­ngan juga terjadi di Filipina. Untuk mena­ngani serangan tersebut, Pemerintah Filipina dan sejumlah negara tetangga, termasuk Malaysia, berkerja sama untuk menumpas kelompok tersebut. (h/il)

Baca Juga : Perawat Florida Terancam Bui 5 Tahun, Usai Ancam Bunuh Kamala Harris

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]