Selama Januari 2016

199 Warga Padang Ajukan Cerai


Kamis, 03 Maret 2016 - 03:44:16 WIB
199 Warga Padang Ajukan Cerai

PADANG, HALUAN — Angka perceraian di Kota Padang semakin meningkat. Jika pada tahun 2014 tercatat 1.354 kasus, maka tahun 2015 men­jadi 1.518 kasus. Demikian dikatakan Yelti Mulfi, SH, Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Kota Padang ketika ditemui Haluan di ruang kerjanya, Rabu (2/3).

“Kasus perceraian yang masuk ke Pengadilan Agama pada 2015 dibandingkan ta­hun 2014, bertambah seba­nyak 164 kasus,” ungkap  Yel­ti.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

Dikata­kannya berdasar­kan lokasi, kasus perceraian terbanyak di Kota Pa­dang pada 2015 terjadi di Kecamatan Koto Ta­ngah, yakni sebanyak 235 kasus. Disusul Lu­buk Begalung 201 ka­sus, dan Kuranji 173 kasus.

“Sedangkan untuk tahun 2016, pada bulan Januari sudah tercatat 199 kasus yang masuk ke PA Padang. Data pada bulan Februari belum bisa ditampilkan karena sedang proses rekapitulasi, “katanya.

Baca Juga : Hendri Septa: Masyarakat Langgar Prokes Akan Ditindak Tegas

Yelti Mulfi menyatakan, penyebab kasus perceraian di Kota Padang sebagian besar disebabkan tidak adanya tanggung jawab (penelan­taran) dari suami.

Kemudian poli­gami tidak sehat, dan faktor ekonomi. Se­dangkan kekerasan dalam rumah tangga menyumbang sekitar 3 persen dari kasus yang masuk tiap ta­hunnya.

Meminimalisir ang­ka perceraian di Kota Padang, Pe­nga­dilan Agama Padang menjalin kerja sama dengan IAIN Imam Bonjol untuk memberikan bantuan hukum kepada ma­syarakat.

Posko bantuan hukum tersebut terdapat di sebelah kanan gedung PA Padang yang beralamat di Jalan Durian Tarung Nomor 1 Bypass Padang.

Ilmas, S.HI, M.Sy, petugas di posko bantuan hukum (Ba­kum), menyatakan selama periode Januari – Februari 2016, 81 klien memanfaatkan jasa bantuan hukum ini.

Sebanyak 38 klien dian­taranya telah memutuskan untuk memasukkan gugatan perceraian, sedangkan sisanya belum diketahui. (h/mg-fyt)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]