383 Siswa SD Kampung Jawa Ikuti Simulasi Kebencanaan


Sabtu, 05 Maret 2016 - 03:28:35 WIB
383 Siswa SD Kampung Jawa  Ikuti Simulasi Kebencanaan

PARIAMAN, HALUAN—Sebanyak 383 murid Se­ko­lah Dasar (SD) 08 Kam­pung Jawa I Kota Pariaman dan 12 guru sekolah se­tem­pat, melakukan kegiatan simulasi kesiagaan bencana, Kamis (3/3).

Tujuan kegiatan agar anak punya pengetahuan tentang kebencanaan dan waspada serta bisa men­ye­lamatkan diri ketika ada bencana.

Kepala Sekolah Dasar 08 Kampung Jawa I, Azhari, kepada Haluan menga­ta­kan, anak-anak dan peserta didik dalam kegiatan si­mulasi terlihat antusias dan bersemangat dan simulasi berjalan aman dan lancar.

Simulasi yang dilakukan itu dalam bentuk ke­siap­siaga­an bencana. Anak-an­ak mempraktekkan lang­kah-langkah bagaimana ca­ra berlindung ketika terjadi bencana. Misalnya terjadi gempa ketika sedang belajar di dalam kelas, apa yang harus dilakukan untuk pen­ye­lematan diri, itu di­prak­tek­kan dalam simulasi yang dilakukan.

Simulasi berjalan selama dua jam, bekerjasama deng­an BPBD Kota Pariaman. Dan akan dilaksanakan se­kali tiga bulan, termasuk sosialisasi kepada komite dan orang tua murid, lanjut Azhari.

“Simulasi bagian dari kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ben­cana,” jelas Kepala BPBD Kota Pariaman, Ya­mi­nu­ri­zal menjawab Haluan, usai kegiatan Simulasi di SDN 08 Kampung Jawa I.

Kegiatan yang di­la­ku­kan merupakan lanjutan dari proses pendidikan, pe­latihan yang diberikan ke­pada kepala-kepala SD di Kota Pariaman oleh BPBD tahun 2015. Output yang diharapkan, mereka ini me­n­yi­ap­kan SOP dan men­sosialisasikan kepada guru-guru dan murid, inilah yang sekarang disimulasikan.

Dalam tahun 2016, si­mu­lasi sudah dimulai juga di Sekolah Dasar (SD) 5 Taratak. Kegiatan me­ru­pakan bagian dari program kerja BPBD bagaimana me­n­yiapkan anak-anak, anak sekolah dalam menghadapi bencana.

Program-progaram ter­sebut merupakan program simultan atau program ber­kelanjutan yang dilakukan, dan tahun 2016 ini di semua sekolah akan dilakukan kegiatan ini.

Menurut Yaminurizal, Kepala BPBD Kota Pa­ria­man, masyarakat harus me­ma­hami, bahwa daerahnya juga termasuk rawan ben­cana. Pemerintah akan terus mem­beri sosialisasi kepada ma­sya­rakat tentang kesiap si­aga­an mengahadapi ben­cana dan menyikapinya pa­da saat ter­jadi bencana. (h/tri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]