Program Kemitraan Bisa Kuatkan UMKM


Senin, 07 Maret 2016 - 03:39:31 WIB

SOLSEL,HALUAN—Dinas Koperasi Perin­dustiran dan Perdagangan (Diskoperindag) Solok Selatan (Solsel) meyakini Program Kemitraan dan Bina lingkungan (PKBL) dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa menguatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Program kemitraan BUMN bisa untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri dengan memanfaatkan bagian dari laba BUMN,” kata Kepala Diskoperindag Solsel, Akhir­man,  saat sosialisasi PKBL BUMN awal Maret lalu kepada perwakilan UMKM di daerah itu.

Ia menyebutkan, tujuan kemitraan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus pemberdayaan kondisi sosial masyarakat. “Kami berharap sosialisasi PKBL BUMN bermanfaat bagi UMKM karena mereka merupakan ujung tombak utama dalam memajukan perekonomian masyarakat setempat,” katanya.

Ia menjelaskan PKBL merupakan program pembinaan usaha kecil dan pem­berdayaan kondisi lingkungan oleh BUMN melalui pemanfaatan dana dari sebagian laba BUMN. Hal ini juga merupakan bentuk  dari tanggung jawab sosial pe­rusahaan kepada masyarakat.

Ia meyakini,  dalam praktiknya PKBL lebih banyak berfokus pada pemberian pinjaman ataupun mikro-kredit pada pengusaha kecil yang potensial. Hal ini, imbuhnya, bisa menjadi pemancing bagi usaha kecil untuk berkembang sehingga bisa memanfaatkan pinjaman tersebut untuk keuntungan usaha yang ia bangun. Ia menyebutkan di Solsel  tercatat sebanyak 1.342 UMKM dengan berbagai jenis macam usaha sedangkan yang diundang untuk sosialisasi hanya 30 orang perwakilan.

Sementara itu Junior Manager Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Angkasa Pura II,  Afri Erizon mengatakan, pihaknya pada 2016 sudah mempersiapkan dana Rp1,1 miliar untuk disalurkan kepada masyarakat.

“Kami memperioritaskan dana tersebut disalurkan pada industri rumahan tetapi juga tidak tertutup kemungkinan untuk yang lainnya,” katanya.  (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]